31 July 2020, 08:32 WIB

Florida Kembali Pecahkan Rekor Jumlah Tewas akibat Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

FLORIDA, Kamis (30/7), mencatatkan 253 kematian akibat covid-19, angka tertinggi untuk hari ketiga secara beruntun saat negara bagian Amerika Serikat (AS) itu menutup sejumlah lokasi pengujian virus korona karena mendekatnya sebuah badai tropis.

Angka kematian harian akibat covid-19 di negara bagian itu melonjak sejak pekan lalu menyebabkan jumlah total korban tewas menjadi 6.586 orang.

Saat sedang sibuk menghadapi pandemi covid-19, Florida juga harus bersiap menghadapi Badai Tropis Isaias yang datang dengan membawa angin dengan kecepatan 95 kilometer per jam.

Badai itu diperkirakan menghantam wilayah di selatan AS itu dalam beberapa hari ke depan namun para ahli meteorologi belum bisa memastikan berapa kekuatan badai itu saat mendarat di Florida.

Baca juga: Covid-19 di AS Total 4.405.932 Kasus

"Ada risiko angin kencang, hujan lebat, dan badai menghantam wilayah pantai timur AS, mulai dari akhir pekan ini di Florida," ungkap Badan Badai Nasional AS.

Badai Tropis Isaias telah menghantam Puerto Riko menyebabkan banjir, pohon tumbang, dan menyebabkan pemadaman listrik bagi ribuan warga.

Pemerintah Florida belum memerintahkan evakuasi namun mereka meminta warga mempersiapkan rumah dan usaha mereka dari kedatangan Badai Isaias.

Florida kini menjadi episentrum baru covid-19 di AS. Angka kasus mereka telah melebihi New York dan berada di peringkat kedua di belakang California.

Lebih dari 460 ribu orang terinfeksi covid-19 di Florida yang berpenduduk 21 juta orang. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT