31 July 2020, 06:50 WIB

Ibu Negara Brasil Positif Covid-19


Basuki Eka Purnama, Haufan Hasyim Salengke | Internasional

IBU Negara Brasil Michelle Bolsonaro, Kamis (30/7), dinyatakan positif covid-19 setelah suaminya, Presiden Jair Bolsonaro, menjalanankan karantina selama dua pekan.

Pengumuman itu diumumkan pemerintah Brasil lima hari setelah Jair Bolsonaro mengaku telah pulih dan akan melanjutkan aktivitas rutinnya.

Michelle Bolsonaro, 38, dilaporkan dalam keadaan sehat dan akan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"Ibu negara mendapatkan perawatan dari tim medis kepresidenan," ungkap Istana Presiden Brasil.

Baca juga: Menteri Pertanian Zimbabwe Meninggal karena Covid-19

Jair Bolsonaro dikritik karena penangannya terhadap pandemi covid-19 setelah Brasil menjadi negara kedua dengan jumlah kasus dan kematian di dunia setelah Amerika Serikat (AS) dengan angka infeksi lebih dari 2,5 juta dan angka kematian 90 ribu.

Pemimpin sayap kanan yang menyebut covid-19 sebagai sekadar flu biasa selalu menentang kebijakan negara bagian yang memberlakukan aturan di rumah saja untuk mencegah penyebaran covid-19. Dia menyebut kehancuran ekonomi yang terjadi lebih parah dari pandemi itu.

Sebelum didiagnosa covid-19, Bolsonaro berulang kali melanggar protokol kesehatan dengan memeluk dan berjabat tangan dengan para pendukungnya.

Setelah dinyatakan positif covid-19, 7 Juli lalu, dia menjalankan karantina selama dua pekan di istana presiden sembari menggelar pertemuan secara daring. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT