31 July 2020, 02:45 WIB

Masyarakat Harus Ikut Berperan Tangani Pandemi Covid-19


Putri Anisa Yuliani | Humaniora

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar menerapkan 3M dalam kehidupan sehari-hari selama pandemi covid-19, yaitu mengenakan masker dengan baik dan benar kapanpun di manapun dalam kondisi apapun, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin, dan menjaga jarak minimal 1 meter sekaligus menghindari kerumunan.

Anies, dalam konferensi pers daring, Kamis (30/7) menekankan  pentingnya pembagian peran dan tugas dalam upaya perjuangan bersama menghadapi ujian wabah covid-19. Peran dan tugas pemerintah adalah meningkatkan kemampuan testing, melakukan tracing dan menyiapkan fasilitas kesehatan terbaik bila harus diperlukan perawatan.

Adapun peran dan tugas masyarakat adalah mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penularan dan saling mengingatkan khususnya jika terjadi pelanggaran.

"Bila hanya pemerintah melakukan testing, tracing dan treatment, tapi warga tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak, ada masalah. Di sisi lain, bila warga pakai masker kemudian mencuci tangan dengan baik, tapi pemerintah tidak meningkatkan kemampuan testing, tidak melakukan tracing, maka masyarakat tidak tahu siapa saja yang berpotensi menularkan," ujarnya.

"Kita kerja bersama. Masyarakat ambil perannya. Pemerintah ambil perannya. Insya Allah kita akan bisa menyelesaikan tantangan ini dengan baik. Insya Allah bisa cepat kita recover. Dan insya Allah kita bisa menuju situasi masyarakat yang sehat, aman, dan produktif," tutup Anies. (R-1)

BERITA TERKAIT