31 July 2020, 01:03 WIB

Kasus Pencabulan Anak di Sumut Meningkat Drastis


Yoseph Pencawan | Nusantara

KEPOLISIAN Daerah Sumatera Utara (Sumut) tahun ini sudah menangani 15 kasus pencabulan terhadap anak. Jumlah kasus tersebut meningkat dua kali lipat lebih dibanding kasus yang sama pada tahun lalu yang berjumlah enam kasus

Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin mengungkapkan, tindak pidana pencabulan menjadi kasus terbanyak yang ditangani pihaknya terkait dengan perlindungan anak. "Sepanjang 2019 hingga 2020, dalam kaitan perlindungan anak, kasus pencabulan paling banyak terjadi," ujarnya, Kamis (30/7).

Menurut dia, selama 2019 jumlah tindak pidana (JTP) pencabulan anak sebanyak 6 kasus. Sedangkan untuk jumlah penyelesaian tindak pidana (JPTP), sebanyak 5 kasus. Pada tahun yang sama, JTP penganiayaan sebanyak 2 kasus dan dua-duanya telah dituntaskan atau berstatus JPTP. Masih pada 2019, JTP ekploitasi ekonomi yang ditangani Polda Sumut sebanyak 1 kasus dan kasus tersebut sudah diselesaikan.

Sementara pada 2020 jumlah tindak pidana pencabulan terhadap berjumlah 15 kasus. Hingga saat ini sebanyak lima kasus di antaranya sudah diselesaikan.

Kapolda menyesalkan masih tingginya angka kasus kekerasan terhadap anak di wilayah hukumnya. Padahal, anak-anak adalah elemen bangsa yang harus dilindungi, dijaga serta disayangi dengan baik oleh semua pihak, khususnya orang tua dan keluarganya. (R-1)

BERITA TERKAIT