31 July 2020, 00:49 WIB

Lima Calon Ketua Umum Bersaing di Munas Ke-V Amphuri


Syarief Oebaidillah | Humaniora

ASOSIASI Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) tengah mempersiapkan hajatan besar yakni Musyawarah Nasional (Munas). Selain sebagai ajang pertanggungawaban pimpinan organisasi, salah satu agenda penting dalam Munas adalah Pemilihan Ketua Umum.

Steering Committee (SC) Musyawarah Nasional (SC - Munas) V Amphuri mengumumkan terdapat lima nama caketum yang akan mengikuti ajang pemilihan ketua umum Amphuri masa bakti 1442-1446H pada Munas V yang akan diselenggarakan di Batu, Jawa Timur pada 18-20 September 2020 mendatang.

Ketua SC Munas V Amphuri Bungsu A Sumawijaya mengatakan gelaran Munas Amphuri tahun ini disemarakkan dengan majunya kader-kader terbaik Amphuri.

Hal ini terlihat dari antusiasme anggota sejak diumumkannya masa penjaringan hingga pendaftaran bakal calon yang baru saja berakhir pada pekan kemarin dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Kelima caketum ini selanjutnya akan melakukan sosialisasi selama satu bulan ke depan,” kata Bungsu.

Bungsu menjelaskan, kelima nama caketum yang berhak mengikuti Pemilihan Ketua Umum Amphuri berdasarkan nomor urut diantaranya Rikhan Nurhasan Mudzakar (PT Arminareka Perdana), Muhammad Fauzan Kamil (PT Elteyba Medina Fauzana); Isnaini Iskandar (PT Intan Kencana Travelindo); Firman M. Nur (PT Kafilah Maghfirah Wisata), dan Muhammad Tauhid Hamdi (PT Alhamdi Global Wisata).

Menurut Bungsu, kelima caketum telah menandatangani Pakta Integritas menjalankan seluruh proses pemilihan secara fair play, menjunjung tinggi akhlakul karimah sebagaimana yang tertuang dalam kode etik organisasi.

Baca juga : IHW Ajak Pegiat Halal Luar Negeri Ikut Berkurban

“Semua yang ikut maju dalam kontestasi pemilihan ketua umum ini bertekad membawa Ampuri lebih maju ,” tandas Bungsu.

Ketua Umum DPP Amphuri Joko Asmoro mengatakan Amphuri sebagai asosiasi pertama dan terbesar pada tahun ini tengah mempersiapkan hajatan akbar yakni Munas. Sebuah forum permusyawaratan tertinggi organisasi yang diselenggarakan sekali dalam empat tahun oleh dan atas tanggung jawab Dewan Pengurus pada akhir masa baktinya.

Dalam Munas tersebut, selain untuk meminta pertanggungjawaban pimpinan organisasi yang terdiri dari Dewan Pengurus, Dewan Penasehat dan Dewan Kehormatan, juga merencanakan dan sekaligus memilih pimpinan yang baru.

“Alhamdulillah, hari ini, SC Munas V melalui penjaringan bakal calon ketua umum akhirnya menetapkan bakal calon ketua umum tersebut sebagai calon ketua umum yang akan ikut kontestasi pemilihan ketua umum di Munas ke V , " kata Joko.

Sejauh ini, kata Joko, semua proses sejak pendaftaran hingga penetapan telah berlangsung secara kondusif. Menurutnya para caketum merupakan kader terbaik yang memiliki niat baik dan visi misi memajukan Amphuri di masa mendatang.

“Meskipun tak bisa kita pungkiri ada saja riak-riak yang sempat menegangkan syaraf, akan tetapi itulah gambaran nyata alam demokrasi yang terjadi di organisasi yang penuh dinamika yang masih bisa kita jaga bersama,” pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT