30 July 2020, 22:39 WIB

Wapres: Patuhi Protokol Kesehatan Saat Rayakan Idul Adha


Emir Chairullah | Politik dan Hukum

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin meminta seluruh umat Islam di Indonesia mematuhi protokol kesehatan baik dalam pelaksanaan salat maupun penyembelihan hewan kurban. Penerapan protokol kesehatan tersebut diantaranya dengan menjaga jarak aman (physical distancing) antar jamaah salat dan peserta kurban, penggunaan masker yang konsisten ketika berada di tempat ramai, dan mencuci tangan setelah melakukan setiap aktivitas. 

“Marilah kita rayakan (Idul Adha) dengan tetap memegang aturan-aturan kesehatan dan marilah kita perkuat iman dan ketakwaan kita,” kata Wapres dalam keterangan persnya, Kamis (30/7).

Baca juga: Joko S Tjandra Ditangkap!

Selain itu, Ma’ruf Amin mengajak umat terus mengembangkan semangat solidaritas kepada sesama warga negara. Melalui Idul Adha di tengah pandemi Covid-19 yang menyelimuti bangsa Indonesia, umat Islam harusnya menjadikannya sebagai momentum untuk memperbanyak amal ibadah dengan berbagi kebaikan dan membantu sesama anak bangsa.

Menurut rencana, dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah ini Ma’ruf Amin diagendakan akan melakukan salat Idul Adha di Pendopo Kediaman Dinas Wapres, Jakarta pada Jumat pagi. Dengan didampingi Ibu Hj Wury Ma’ruf Amin dan perangkat yang melekat, salat Idul Adha akan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB dengan menerapkan protokol Kesehatan yang ketat. Pada kesempatan tersebut, Wapres akan bertindak sebagai imam salat dan khatib.

Selanjutnya, Wapres akan beranjak ke Pondok Pesantren (Ponpes) An Nawawi Tanara di Serang, Banten untuk melaksanakan kurban. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, disini Wapres akan menyerahkan hewan kurban berupa sapi limousin dengan berat 878 kg. Setelah itu, Wapres diagendakan kembali ke Jakarta untuk menunaikan salat Jumat di rumah dinas.

Selain Ponpes An Nawawi Tanara, Serang, Banten, Wapres juga melaksanakan kurban di Masjid Istiqlal berupa sapi yang berjenis Peranakan Ongole (PO) dengan bobot 936 kg. Hewan kurban tersebut telah diserahkan pada Kamis pagi oleh Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Wakil Presiden, Guntur Iman Nefianto, kepada Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid. Sapi kurban tersebut lalu diserahkan kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar untuk selanjutnya dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha. (OL-6)

BERITA TERKAIT