30 July 2020, 21:17 WIB

Kisah Timun Mas Episode Kedua Mulai Dapat Disaksikan


Retno Hemawati | Hiburan

Hari ini, program #MusikalDiRumahAja yang menampilkan 6 cerita rakyat Indonesia dan melibatkan 6 sutradara teater, 6 sutradara film, 6 sinematografer, 7 penata musik, serta 44 aktor, aktris dan penari Indonesia, dengan format online, menghadirkan episode kedua yang menampilkan cerita rakyat Timun Mas. Musikal yang dipersembahkan oleh BOOW LIVE X Indonesiakaya.com ini, dapat disaksikan mulai pukul 20.00 WIB di akun YouTube IndonesiaKaya secara bebas.
 
“Sejak pertama kali ditayangkan pada pekan lalu, episode perdana dari program #MusikalDiRumahAja yang menampilkan cerita rakyat dari Sumatera Barat, Malin Kundang ini telah disaksikan oleh lebih dari 250.000 penikmat seni. Kami senang melihat antusiasme dan semangat dari para penikmat seni yang sangat tinggi dengan program #MusikalDiRumahAja ini. Semoga sajian-sajian inspiratif dan edukatif yang akan kami suguhkan selalu mendapatkan apresiasi yang tinggi dan diterima dengan baik oleh para penikmat seni,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Indonesiakaya.com.
 
Episode kedua dari #MusikalDiRumahAja ini, mengusung format yang tidak biasa, yaitu format vertikal atau 9:16. Format ini mempermudah penikmat seni yang menyaksikan dengan telepon genggam atau tablet. Pemilihan format vertikal ini bukan tanpa alasan, konsep format 9:16 dan penggunaan tempat duduk putih adalah bentuk respon awal mhyajo, sutradara teater dan penulis libretto, sebagai pengganti sumber energi yang selalu terjadi di setiap panggung pertunjukan.  

Dalam himpitan kondisi pembatasan sosial yang tidak umum, bersama Bona Palma dan sejumlah insan kreatif dari dua subsektor seni pertunjukan dan film justru dapat bersinergi. Kreativitas kolektif yang akhirnya mengantarkan sebuah karya ber’jenis’ tidak ada ‘rumusan baku’ ini terbentuk untuk sejatinya menjaga ekosistem seni tersebut tetap ada, dan tetap bisa dinikmati walaupun di rumah saja. (OL-12)

BERITA TERKAIT