30 July 2020, 19:40 WIB

Anies akan Terapkan Ganjil Genap Pekan Depan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menerapkan kembali pembatasan lalu lintas kendaraan pribadi dengan ganjil genap mulai pekan depan.

Hal itu disampaikan Anies dalam konferensi pers daring perpanjangan PSBB Transisi hari ini. 

"Pekan depan kami akan menyiapkan penerapan ganjil genap di Jakarta. Ini akan diterapkan kembali," kata Anies, Kamis (30/7).

Dalam Peraturan Gubernur No 51 tahun 2020 tentang PSBB Transisi menuju masyarakat aman, sehat, dan produktif itu di pasal 17 ayat dua tercantum salah satu bentuk pengendalian lalu lintas di masa PSBB Transisi adalah metode ganjil genap. 

Pembatasan lalin ini dapat berlaku bukan hanya bagi kendaraan pribadi roda empat tetapi juga bisa diberlakukan pada kendaraan pribadi roda dua.

Baca juga: Lonjakan Besar Lalu Lintas Tol Jakarta-Cikampek Jelang Iduladha

Anies menegaskan kebijakan ini akan dipersiapkan dengan matang sekaligus disosialisasikan secara luas oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Kami akan memastikan ini akan dinformasikan secara luas oleh Dishub bersama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya agar seluruh masyarakat mengetahui secara detil atas semua informasi rute-rute yang akan dijadikan kebijakan ganjil genap," ungkapnya.

Sebelumnya, ganjil genap berlaku di 25 ruas jalan di Jakarta. Namun, pembatasan lalin itu ditiadakan saat adanya pandemi covid-19 karena risiko penularan yang tinggi di angkutan umum membuat masyarakat berpindah ke kendaraan pribadi.(A-2)

BERITA TERKAIT