30 July 2020, 19:13 WIB

PSBB Transisi Resmi Diperpanjang Lagi hingga 13 Agustus


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang PSBB Transisi. PSBB Transisi Fase 1 sebelumnya sudah berlangsung sejak 5 Juni hingga 2 Juli dan telah diperpanjang sebanyak dua kali yakni pada 3-16 Juli dan 17-30 Juli. 

PSBB Transisi Fase 1 kembali diperpanjang hingga 13 Agustus mendatang. PSBB Kembali diperpanjang karena hingga saat ini penularan masih terus terjadi di Jakarta.

"Kita kembali perpanjang PSBB masa transisi fase pertama untuk yang ketiga kali sampai 13 Agustus 2020," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi pers secara daring, Kamis (30/7).

Baca jugaPekan Ini, Sudah 43 Ribu Orang Dites Covid-19 di Jakarta

Pekan ini kata Anies, 'positivity rate' Jakarta masih di atas batas ideal WHO yakni 6,5%. Angka ini memang masih di atas batas aman WHO namun juga masih ada di bawah angka 'positivity rate' nasional sebanyak 13,6%.

"Angka 'positivity rate' Jakarta bisa dipercayai karena testing-nya cukup. Kalau tidak cukup kita tidak bisa mengetahui seberapa parah kondisi wilayah," papar Anies.

Ia menegaskan angka 'positivity rate' Jakarta yang tinggi disebabkan oleh tingkat testing Jakarta yang agresif. Ia mengklaim lebih dari 80% tes PCR yang dilakukan untuk menemukan kasus baru.

"Jadi sumber daya yang ada dimanfaatkan untuk menemukan kasus baru bukan untuk tes mengulang menegakkan diagnosis," tukasnya.

Hal ini dilakukan agar kasus positif di masyarakat bisa segera ditangani dengan isolasi maupun perawatan untuk memutus penyebaran covid-19. (A-2)

BERITA TERKAIT