30 July 2020, 16:05 WIB

Stasiun Tugu Yogyakarta dan Solo Balapan Layani Rapid Test


Agus Utantoro | Nusantara

UNTUK memberi kemudahan calon penumpang kereta api jarak jauh, dua stasiun di lingkungan Daop 6 Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Besar Yogyakarta (Stasiun Tugu), mulai Kamis (30/7/2020) membuka layanan rapid test murah, yakni Rp85.000 per orang sekali tes cepat.

Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta Asdo Artriviyanto ada pembukaan pelayanan rapid test di Stasiun Yogyakarta. "Layanan rapid test yang diselenggarakan di Stasiun Yogyakarta dan  Stasiun Solo Balapan ini disediakan untuk lebih memudahkan pelanggan yang akan menggunakan kereta api di masa Adaptasi Kebiasaan Baru," kata Asdo di Yogyakarta, Kamis (30/7). 

Baca juga: Mulai 1 Agustus, KA Bandara Medan-Kualanamu Kembali Beroperasi

Pada bulan Agustus mendatang, lanjutnya,  secara bertahap beberapa perjalanan kereta api  yang sempat berhenti operasi akibat adanya pandemi covid-19 akan kembali beroperasi meskipun belum seluruh kereta api dijalankan. 

"Kami berharap pelanggan kereta api dapat memaksimalkan layanan rapid test dengan harga terjangkau yang telah tersedia di Stasiun ini," tegasnya.

Asdo lebih lanjut mengatakan, perjalanan kereta api jarak jauh ini sudah sesuai SE (Surat Edaran)  Gugus Tugas Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020 yang mewajibkan penumpang untuk membawa Surat Bebas Covid-19 dari hasil PCR atau rapid test yang masih berlaku, atau belum lebih dari 14 hari sejak diterbitkan, atau boleh surat keterangan sehat bebas influenza like illness yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit atau puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR dan/atau rapid test.

Untuk itu, katanya  PT KAI Daop 6 Yogyakarta bersama PT Rajawali Nusindo yang merupakan anak perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menyelenggarakan layanan rapid test covid-19 dengan harga terjangkau di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solo Balapan.

Layanan rapid test ini tersedia dengan jam pelayanan mulai pukul 07.00 hingga pukul 19.00 WIB. Pelanggan yang berhak melakukan rapid test di stasiun ini diharuskan memiliki kode booking tiket KA Jarak Jauh.

Dikatakan, penyediaan layanan Rapid Test di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api. "Dengan hadirnya layanan ini, diharapkan mobilitas masyarakat dapat meningkat, dengan tetap menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan," imbuhnya. (H-3)

BERITA TERKAIT