30 July 2020, 14:23 WIB

Sinopharm akan Uji Coba Potensi Vaksin Covid-19 di Brasil


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

PERUSAHAAN obat Tiongkok, Sinopharm, dan Negara Bagian Parana, Brasil, sepakat melakukan uji coba vaksin covid-19 keempat di Brasil dan akan mengupayakan persetujuan berkenaan dengan peraturan dalam dua minggu ke depan.

Uji coba oleh Sinopharm ini akan bergabung dengan uji coba Fase III yang sudah diumumkan di Brasil bersama AstraZeneca, Sinovac Biotech dan kemitraan Pfizer dengan BioNTech.

Kepala Parana Technology Institute (Tecpar), Jorge Callado, mengatakan akan segera menyelesaikan proposal dan mengajukannya untuk disetujui oleh regulator kesehatan federal Anvisa.

Wabah covid-19 Brasil mennjadi yang terburuk di dunia di luar Amerika Serikat. Sehingga menjadikan Brasil sebagai tempat uji global untuk vaksin potensial.

Calon vaksin Sinopharm sedang diuji di Uni Emirat Arab dengan 15.000 sukarelawan.

Baca juga:  Sinopharm Target Produksi 200 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Parana pun sedang dalam pembicaraan dengan para peneliti Rusia untuk memproduksi vaksin potensial mereka. Gubernur Ratinho Junior akan segera bertemu dengan duta besar Rusia untuk Brasil.

Rusia juga telah menghubungi Butantan Institute di Sao Paulo untuk membahas pengujian vaksin.

Brasil, pada Rabu (29/7), mencatat rekor dalam kasus covid-19 baru sebanyak 69.074 yang dikonfirmasi dan 1.595 kematian tambahan yang dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan. Hal ini membuat Brasil melewati 2,5 juta infeksi dan 90.000 orang meninggal.(CNA/OL-5)

BERITA TERKAIT