30 July 2020, 11:20 WIB

Ratusan Warga Tegal Berdesakan Antre Kupon


Supardji Rasban | Nusantara

RATUSAN warga di Kota Tegal jawa Tengah, Kamis (29/7) rela antre berdesakan demi memperoleh selembar kupon pembagian daging kurban di Masjid Agung Kota Tegal. Meski daging kurban baru dibagikan Sabtu (1/8) lusa, namun ratusan warga sudah berdatangan sejak pagi.
     
Sangat disayangkan, warga justru mengabaikan protokol kesehatan dengan tidak menjaga jarak meski polisi dan panitia kurban telah mengimbau warga untuk mematuhi protokol kesehatan. Sebagian warga juga tidak memakai masker.

Baca juga: Tidak Ada Pasien, Pemkab Tegal Tutup Sementara Tempat Karantina

Polisi juga telah mengimbau warga agar tidak membawa anak kecil dalam antrean. Meski demikian, imbauan tersebut tidak dipatuhi. Mereka tetap nekad demi mendapatkan selembar kupon pembagian daging kurban. Apalagi saat ini harga daging terbilang cukup mahal.

Seorang warga Ijah, 53, mengaku rela antre karena ingin mendapatkan kupon agar bisa memakan daging. "Saya sudah terbiasa tiap tahun antre begini," ujar Ijah. 

Ijah menuturkan, selembar kupon akan ditukar dengan 0,5 kilogram daging. "Kalau tahun-tahun sebelumnya satu lembar kupun nanti kalau ditukar akan mendapat setengah kilogram daging," ucapnya.

Panitia Idul Kurban Masjid Agung Kota Tegal sementara membagikan seribu kupon karena terbatasnya hewan kurban yang diterima akibat pandemi korona. Jika jumlah warga yang mengantre lebih dari seribu orang, maka akan dihentikan.

"Sambil menunggu para dermawan yang akan memberikan hewan kurban. Saat ini hewan kurban yang akan dipotong ada empat ekor sapi dan delapan belas ekor kambing," terang panitia Idul Kurban Maasjid Agung Kota Tegal, Achmadi.(H-3)

BERITA TERKAIT