30 July 2020, 11:07 WIB

Gaet Milenial, Lutung Kasarung Dibuat Musikal


Siswantini Suryandair | Hiburan

DI tengah pandemi, masyarakat pecinta pertunjukkan seni tari bisa melihat secara virtual. Salah satunya digagas oleh EKI Dance Company dan Kalyana Shira Films yang berkolaborasi dalam proses pertunjukan musikal Lutung Kasarung yang dipersembahkan oleh Boow Live dan IndonesiaKaya.com. Musikal ini disutradarai oleh Rusdy Rukmarata dan Nia Dinata, naskah dikerjakan Titien Wattimena dan Nia Dinata, musik oleh Oni Krisnerwinto, dan diproduseri oleh Bayu Pontiagust. 

Dengan pemain utama adalah Beyon Destiano, Ara Ajisiwi, Nala Amrytha, Gusty Pratama dan penari dari EKI Dance Co.  Musikal ini akan tayang secara  online di kanal YouTube Indonesia Kaya pada tanggal 27 Agustus 2020 pukul 20.00 WIB.

Menurut Rusdy Rukmarata, menyutradarai musikal ini memiliki tantangan yang beda, dari menangani sejumlah musikal lainnya. 

"Musikal ini sejak awal dibuat untuk ditayangkan secara online, bukan dipentaskan secara live di sebuah gedung pertunjukan. Hal ini menuntut koreografi serta bloking teater tetap menjadi menarik kala disaksikan sambil rebahan sekali pun," kata Rusdy dalam keterangan tertulis, Kamis (30/7).
 
Nia Dinata yang berkolaborasi menyutradarai bersama Rusdy Rukmarata menambahkan pengalaman menyaksikan musikal ini dijamin akan menggugah emosi dan menjadi pengalaman unik di masa pandemi, lebih dari menonton pertunjukan di panggung. Penulis naskah, Titien Warttimena berharap Lutung Kasarung yang disajikan secara musikal bisa disukai anak-anak milenial. 

Musikal Lutung Kasarung adalah bagian dari program #MusikalDiRumahAja yang digagas Boow Live dan IndonesiaKaya.com. Selain Musikal Lutung Kasarung, juga ada Timun Mas, Rara Jonggrang, Malin Kundang dan Sangkuriang. Usaha untuk mengangkat kembali cerita rakyat ini merupakan hasil kerja sama dengan sejumlah pekerja seni tater maupun film, seperti Mia Johannes, Bona Palma, Venytha Yoshianti, Chriiskevin Adefri, Naya Aninditia, Rama Soeprpto, Pritagita Arianegara, Maera, Tanta Ginting, Sari Madjid, Fajar Nugros, Aldhan Prasatya, Ivan Tangkulung, Dian HP, Haris Pranowo, dan masih banyak lagi.

baca juga: Ji Chang-wook Mengaku Kesulitan Menari di Backstreet Rookie

Kegiatan #MusikalDiRumahAja juga mengajak para penikmat seni untuk mendukung para para pekerja seni dan penanganan Covid-19 dengan menyalurkan bantuan donasi melalui website https://kitabisa.com/campaign/boowlive. Setiap rupiah yang disumbangkan merupakan uluran tangan penuh arti bagi pekerja seni Indonesia. #MusikalDiRumahAja ini dapat disaksikan secara virtual melalui akun Youtube IndonesiaKaya mulai 23 Juli 2020. Setiap cerita rakyat dimuat dalam satu episode yang akan diluncurkan setiap hari Kamis pukul 20.00 WIB dan dapat disaksikan secara bebas selama tujuh hari ke depan hingga episode baru diluncurkan. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT