30 July 2020, 08:50 WIB

Gembira Loka Belum Menerima Kunjungan Wisatawan Berombongan


Agus Utantoro | Nusantara

OBJEK wisata Kebun Binatang Gembira Loka (GLZoo) Yogyakarta, dipastikan akan mulai membuka kunjungan pada Minggu (2/8) mendatang. Namun, pada tahap awal pembukaan kembali, GLZoo Yogyakarta hanya menerima wisatawan kunjungan individual.

"Tahap awal kami belum menerima rombongan pengunjung yang datang dengan angkutan bus. Kalau rombongan keluarga berjumlah tujuh atau delapan orang saja masih boleh," kata Direktur Utama GLZoo, KMT A. Tirtodiprojo, usai acara penyerahan hewan kurban kepada lima masjid di sekitar kebun binatang setempat, Rabu (29/7/2020).

Ia mengungkapkan, pembukaan wisatawan rombongan masih akan menunggu perkembangan-perkembangan dan hasil evaluasi selanjutnya. Kangjeng Mas Tumenggung A. Tirtodiprojo yang akrab disapa Joko menjelaskan pengunjung wajib memenuhi protokol kesehatan. 

"Persyaratan berkunjung ke Gembira Loka di masa pandemi Covid-19 saat ini. Antara lain wajib mengenakan masker, jaga jarak dan selalu melakukan cuci tangan di tempat yang sudah kami sediakan," katanya.

Selain itu melalui pengecekan suhu tubuh dan reservasi pembelian tiket.  

"Jadi ada sejumlah persyaratan harus dilalui dan dipenuhi oleh pengunjung sebelum masuk," tutur Joko.

Menurut dia, pengelola GLZoo, juga melakukan pembatasan jumlah pengunjung yang masuk ke objek wisata. Ia menyebutkan, pada tahap awal ini manajemen hanya membuka kunjungan kisaran 200 hingga 500 orang per hari. Dengan jumlah itu, manajemen dapat melakukan pengaturan jaga jarak fisik antar pengunjung.

baca juga: Kini Warung dan Rumah Kos di Bali Diawasi Protokol Kesehatan

"Kalau jumlah pengunjung masuk sudah mencukupi, kita setop dulu. Kita buka kembali bukan untuk meramaikan kunjungan. Tidak sekadar cari untung, tapi berupaya menghidupkan perekonomian masyarakat. Jadi di saat pandemi Covid-19 ini perlunya pembelajaran masyarakat, tentunya tanpa mengabaikan protokol kesehatan," jelasny.

Untuk tahap awal GL Zoo hanya membuka pintu masuk pengunjung di pintu barat melalui Jalan Veteran. Harga tiket masuk Rp60 ribu, sudah termasuk naik transport keliling dan kapal katamaran. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT