30 July 2020, 08:38 WIB

Pasien Positif Covid-19 di Klaten Bertambah 7 Orang


Djoko Sardjono | Nusantara

PASIEN Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, bertambah lagi tujuh orang, sementara satu pasien sembuh, Rabu (29/7). Dengan demikian, total pasien positif menjadi 133 orang, 72 di antaranya sembuh, 54 dirawat di rumah sakit, dan 7 orang meninggal dunia. Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, menjelaskan tujuh pasien terkonfirmasi positif itu warga dari Kecamatan Trucuk, Klaten Selatan, dan Jogonalan. Sedangkan dua pasien sembuh warga Kecamatan Juwiring.

Kedua pasien positif yang dinyatakan sembuh sebelumnya menjalani perawatan intensif sembilan hari di RSUD Bung Karno Surakarta. Meski sudah boleh pulang, mereka diharuskan melaksanakan ketentuan isolasi mandiri di rumah minimal selama tujuh  hari. Menurut Cahyono, lima dari tujuh pasien baru terkonfirmasi positif itu warga Kecamatan Trucuk, dan dimungkinkan merupakan kontak erat dari kasus positif Covid-19. Saat ini, mereka dirawat di antaranya di RSUP Soeradji Tirtonegoro, RS Islam, dan RSD Bagas Waras.

baca juga: Kapolsek di Batam Wafat Terpapar Korona

"Sedangkan dua pasien baru terkonfirmasi positif lainnya, yaitu berasal dari Kecamatan Jogonalan yang sekarang menjalani perawatan di RSUP Soeradji Tirtonegoro, dan warga dari Kecamatan Klaten Selatan dirawat di RSJD Soedjarwadi Klaten," imbuhnya. 

Dengan melajunya kasus positif Covid-19 di Klaten, Cahyono Widodo mengingatkan agar masyarakat disiplin menaati protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan, dan terapkan pola hidup bersih dan sehat. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT