30 July 2020, 08:29 WIB

Masjid di Kalsel Laksanakan Salat Idul Adha


Denny Susanto | Nusantara

MASJID-masjid di Kalimantan Selatan dipastikan akan menggelar ibadah salat Idul Adha 1441 Hijriyah dan pemotongan hewan qurban dengan penerapan protokol kesehatan. Salah satunya Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, masjid yang menjadi ikon Provinsi Kalsel. 

"Sejak kebijakan new normal diterapkan masjid sudah dibuka. Ini berbeda dengan saat Idul Fitri lalu, saat ini selain ibadah salat lima waktu, salat Jumat juga sudah diperbolehkan termasuk salat Idul Adha. Namun pelaksanaannya harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat," tutur Irhami, Wakil Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Kamis (29/7).

Pelaksanaan salat Idul Adha akan dilaksanakan di lapangan dengan pengaturan jarak dan standar protokol kesehatan. Sementara untuk penyaluran daging hewan kurban kali ini tidak dibagikan di lingkungan masjid untuk menghindari terjadinya kerumunan massa. Namun mekanisme penyaluran diserahkan langsung kepada pengkurban dan pihak pengurus masjid untuk disalurkan kepada warga yang berhak. Sementara pelaksanaan salat Idul Adha juga akan dilaksanakan di Masjid As Syuhada milik NU Kalsel.

baca juga: Pemkot Tasikmalaya Keluarkan Surat Edaran Soal Salat Iduh Adha

Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel, Abdul Haris Makkie meminta pihak pengelola mesjid masing-masing kabupaten/kota dapat mematuhi petunjuk Kementerian Agama dan Fatwa MUI. Dikatakan Haris, di Kalsel sendiri ada tujuh dari 13 kabupaten/kota masuk kategori zona merah dengan resiko penyebaran virus korona yang tinggi.

Saat ini jumlah kasus positif virus korona di Kalsel sudah mencapai 5.884 kasus, ada 2.356 orang penderita covid masih menjalani perawatan. Sedangkan jumlah pasien sembuh sebanyak 3.246 orang atau 55,17 persen dan pasien meninggal dunia sebanyak 282 orang. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT