30 July 2020, 04:30 WIB

Optimalkan Pertumbuhan di Seribu HPK pada Era Pandemi


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

PADA dua tahun pertama kehidupan anak, sejumlah organ seperti otak telah menyerupai orang dewasa sehingga nutrisi yang dikonsumsi akan memengaruhi performa edukasi dan kognitif serta daya tahan tubuhnya.

Dokter Spesialis Anak Conny Tanjung mengingatkan ada tiga faktor utama dalam tubuh kembang anak, yaitu genetik dari ibu dan ayah, lingkungan misalnya ketersediaan pangan, imunisasi, pelayanan kesehatan, dan nutrisi.

“Mengapa nutrisi di seribu hari pertama kehidupan ini penting? Jadi, 9 bulan di dalam kandungan yang jumlahnya 207 dan 630 hari atau 2 tahun di luar kandungan,” jelas Conny dalam webinar Tips Melahirkan dan Menjaga Pertumbuhan Anak di Era Pandemi Covid-19 yang digelar di RS Pantai Indah Kapuk, Jumat (24/7)

Dia memaparkan kondisi itu juga perlu untuk pertumbuhan dari tulang dan otot yang memengaruhi komposisi yang selanjutnya akan memengaruhi imunitas serta kapasitas kerja.

“Kalau kita mau menyiapkan manusia Indonesia yang siap bersaing, tentunya kita harus mulai dari dalam 1.000 hari ini,” jelasnya. Ia juga mendorong inisiasi menyusui dini yang dilanjutkan dengan pemberian ASI serta MPASI. (Fer/H-3)

BERITA TERKAIT