30 July 2020, 02:45 WIB

Mitsubishi Pajero Sport dan Reli Dakar


MI | Otomotif

BERBICARA reli, ingatan kita tidak bisa lepas dari ajang reli paling jahanam di dunia, yaitu seri Reli Dakar. 

Saat berbicara Reli Dakar, ingatan kita juga tidak bisa lepas dari sosok Mitsubishi Pajero yang banyak mencetak prestasi di ajang reli terganas di dunia tersebut.

Wajar jika Reli Dakar disebut reli paling jahanam. Reli ini banyak menelan korban jiwa. Bahkan, sang pencetus ide reli ini, Thiery Sabine, menjadi salah satu korbannya. Sabine tewas dalam kecelakaan helikopter pada 14 Januari 1986 saat ia mengawasi jalannya lomba yang
saat itu masih mengusung nama Paris-Dakar.

Lewat kiprah Pajero, Mitsubishi mengukuhkan diri sebagai penguasa balap reli terganas di dunia. Berdasarkan inspirasi dari ajang reli itulah yang melahirkan mobilmobil penumpang Mitsubishi di seluruh dunia, termasuk Indonesia dengan Mitsubishi Pajero Sport.

Presiden Direktur PT Mitsu bishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ( MMKSI) Naoya Nakamura mengatakan saat berbicara tentang Mitsubishi Pajero Sport, kesan Dakar sangat kuat. Pasalnya, Pajero Sport lahir dari DNA Mitsubishi Pajero yang sukses meraih kemenangan terbanyak di ajang Reli Dakar dengan 12 gelar.

“Kesuksesan itu yang menjadi cikal bakal pengembangan model Mitsubishi Pajero Sport. Meski merupakan jenis yang berbeda, Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport memiliki kemiripan dari sisi ketangguhan serta daya tahan yang teruji di ajang balap reli internasional,” ujar Nakamura di Jakarta, baru-baru ini.

Model Mitsubishi Pajero Evolution Dakar sukses merajai Reli Dakar sejak 1985. Dominasi Pajero berlanjut setelah tujuh tahun tanpa terkalahkan dan menjadi juara Reli Dakar pada 1992, 1993, 1997, 1998, 2001, hingga 2007.

Sejak diluncurkan pada 2009 hingga hari ini, Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia mendapat sambutan sangat baik dengan populasi mencapai 160 ribu unit. Tidak hanya itu, selama kurang lebih 11 tahun hadir di Indo nesia, Mitsubishi Pajero Sport juga menerima total 40 penghargaan dari media dan publik di Indonesia. (Cdx/S-3)

 

BERITA TERKAIT