29 July 2020, 23:27 WIB

Medan dan Karachi Jalin Kerja Sama Sister City


Yoseph Pencawan | Nusantara

KOTA Medan dan Karachi, Pakistan, berencana menjalin kerja sama Sister City yang akan diawali dengan pembukaan penerbangan langsung.

Plt. Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengungkapkan pihaknya telah menerima pengajuan kerja sama dari Kota Karachi, melalui utusan Konjen RI di kota itu.

"Direncanakan kerjasama ini di bidang perdagangan, pendidikan, sosial budaya, juga pariwisata," ujarnya, Rabu (29/7).

Kerja sama tersebut akan diikat dengan pembentukan Sister City Medan-Karachi yang diawali dengan pembukaan penerbangan langsung antarkedua kota.

Akhyar mengatakan Pemkot Medan menyambut baik rencana kerja sama ini karena akan bermanfaat bagi kedua belah pihak, termasuk dari sisi perekonomian.

Sister city akan mempermudah proses kerja sama lain antara Kota Medan dengan Karachi sehingga dalam waktu dekat penjajakan ini akan ditindaklanjuti dengan pembicaraan yang lebih teknis.

Bila terwujud, ini bukan kali pertama Kota Medan menjalin kerja sama Sister City dengan kota dari negara lain. Tercatat sudah ada empat jalinan kerja sama antara Medan dengan kota dari negara lain, sebelumnya. Yakni dengan Ichikawa (Jepang), George Town (Malaysia), Gwangju (Korsel) dan Chengdu (Tiongkok). Kerja sama dengan kota terakhir bahkan sudah terjalin selama lebih dari 12 tahun.(OL-8).

BERITA TERKAIT