29 July 2020, 19:58 WIB

PSSI Ingin Shin Tae-yong Bawa Timnas Latihan di Korsel


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

PERSATUAN Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) ingin tim nasional senior dan U-19 menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan secara bersamaan. Hal itu diungkapkan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Iwan Bule, sapaan akrabnya, mengaku telah meminta manajer pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk memimpin persiapan timnas senior dan U-19 dalam waktu bersamaan.

Meski fokus terletak pada timnas U-19 untuk persiapan Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20, namun dia berpesan agar timnas senior tidak dilupakan. Hal ini menjadi tugas Shin Tae-yong yang membawahi timnas senior, U-23 dan U-19.

Baca juga: Kemenpora Ingatkan Harus Ada Tes PCR Sebelum Kompetisi

Timnas senior akan menjalani tiga laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Rencananya, Indonesia bertandang ke Thailand pada 8 Oktober, menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober dan pergi ke Vietnam pada 12  November.

"Terkait TC ke Korea Selatan, secara eksplisit kami tidak masalah. Tapi, kami minta Shin Tae-yong jangan tinggalkan tim senior. Memang paling fokus adalah U-20 di Piala Dunia. Tapi kami ingin tim senior membawa hasil maksimal," papar Iwan di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (29/7).

Dari hasil diskusi bersama Shin Tae-yong, pemusatan latihan di Korea Selatan diyakini dapat membantu jam terbang punggawa Garuda. Iwan mengapresiasi Shin Tae-yong yang menetapkan lawan uji coba ketika berada di Negeri Ginseng.

Baca juga: Liga 1 Bergulir Oktober, PSSI: Satgas Covid-19 Beri Lampu Hijau

"Di sana (Korsel) liga sudah jalan. Disampaikan ada 4-5 rival untuk bertanding dengan tim kita. Ada tim Liga 1 Korea yang cukup bagus di sana. Itu dari Shin yang menyampaikan. Jadi, bukan hanya latihan saja, tapi ada atmosfer bertanding," jelasnya.

Kendati demikian, lanjut dia, belum ada kepastian terkait pemusatan latihan di Korea Selatan. Hal itu akan diputuskan oleh Shin Tae-yong. "Nanti didiskusikan kembali. Dia akan paparkan roadmap-nya sebelum TC pada 1 Agustus dimulai," tutup Iwan.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT