29 July 2020, 18:08 WIB

Mitsubishi Pajero Sport dan Reli Dakar


RO | Otomotif

Berbicara reli, ingatan kita tidak bisa lepas dari ajang reli terganas di dunia, yaitu seri Reli Dakar. Sementara berbicara Reli Dakar, ingatan kita tidak bisa lepas dari sosok Mitsubishi Pajero yang banyak mencetak prestasi di ajang yang pernah menyandang sebagai reli paling jahanam di dunia. 

Memang pantas Reli Dakar disebut reli paling jahanam. Pasalnya ajang reli ini banyak menelan korban jiwa. Bahkan Thiery Sabine sang pencetus ide reli ini menjadi salah satu korbannya. Sabine tewas dalam kecelakaan helikopter pada 14 Januari 1986 saat ia mengawasi jalannya lomba yang saat itu masih mengusung nama Paris-Dakar.

Bagi Mitsubishi ini merupakan sebuah tantangan tersendiri. Lewat kiprah Pajero, Mitsubishi berhasil mengukuhkan diri sebagai penguasa reli terganas di dunia. Berdasarkan inspirasi dari ajang reli itulah yang melahirkan mobil-mobil penumpang Mitsubishi di seluruh dunia, termasuk Indonesia dengan Mitsubishi Pajero Sport.

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura mengatakan bahwa saat berbicara  tentang Mitsubishi Pajero Sport, kesan Dakar sangat kuat. Pasalnya Pajero Sport lahir dari DNA Mitsubishi Pajero yang sukses meraih kemenangan terbanyak di ajang reli Dakar dengan 12 gelar.

"Kesuksesan itu yang menjadi cikal bakal pengembangan model Mitsubishi Pajero Sport. Meski merupakan jenis yang berbeda, Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport memiliki kemiripan dari sisi ketangguhan serta daya tahan yang teruji di ajang balap reli internasional,” ujar Nakamura. 

Model Mitsubishi Pajero Evolution Dakar sukses merajai reli Dakar sejak 1985 silam. Dominasi Pajero berlanjut setelah tujuh tahun tanpa terkalahkan dan menjadi juara reli Dakar di tahun 1992, 1993, 1997, 1998, 2001 hingga 2007.
 
Generasi Pertama
Pajero Sport generasi pertama dikenal dengan nama Mitsubishi Challenger yang dirilis pada 1996. Hadir dengan sosok yang cenderung kotak dengan postur yang gagah. Pada awalnya Challenger dibuat hanya untuk pasar domestik Jepang. Penerimaan yang positif membuat Challenger mulai diekspor ke beberapa negara pada 1997 dengan beberapa nama berbeda di setiap negara.

Di Eropa ia dikenal dengan nama Pajero Sport, sementara untuk pasar Amerika dan sekitarnya dikenal sebagai Montero Sport, Shogun Sport di Inggris, dan Strada G-Wagon di Thailand. Sejalan dengan popularitasnya mobil ini tidak hanya  dirakit di Jepang tapi juga di Tiongkok pada 2003 dan Brazil pada 2006.
 
Generasi Kedua 
Pajero Sport generasi kedua mengusung konsep All Round Family Sport Utility Vehicle (SUV) yang tetap tangguh di segala medan namun nyaman untuk menemani aktivitas perkotaan. Pajero Sport generasi inilah yang pertama kali masuk ke Indonesia pada 2009.

Saat itu Pajero Sport dilengkapi mesin 4D65 4 silinder in-line 2.5L DOHC Commonrail Turbocharged dan Intercooled bertenaga maksimum 136 ps dan torsi maksimum 324 Nm. Dua tahun kemudian Mitsubishi Motors memberi tambahan Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin 2.5-liter DI-D Commonrail ini agar lebih bertenaga namun efisien bahan bakar. 

Pada 2013 Pajero Sport mengalami penyegaran di eksterior dan interior menjadi semakin sporti, dinamis, dan agresif. Memasuki 2014 hadir varian Pajero Sport bermesin bensin V6 MIVEC 3.0L bertenaga sebesar 220 PS dengan suara lebih halus serta emisi gas buang yang rendah.

Generasi Ketiga 
Pajero Sport generasi ketiga hadir di awal 2016 dengan tampilan baru dan lebih modern. Desain eksteriornya didominasi oleh garis-garis tajam plus tampilan khas Mitsubishi Dynamic Shield di bagian depan. 

Dapur pacunya juga dilengkapi mesin baru 4N15 2,4L MIVEC dengan tenaga maksimal 181 PS dan torsi maksimal 430 Nm, lengkap dengan pilihan transmisi otomatis baru 8 percepatan yang menawarkan perpindahan gigi lebih halus dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Sektor kaki-kaki juga mendapat penyempurnaan sehingga lebih nyaman dan semakin mudah dikendarai di berbagai medan.

Sejak diluncurkan pada 2009 hingga hari ini Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia mendapat sambutan sangat baik dengan populasi mencapai 160.000 unit. Tidak hanya itu, selama kurang lebih 11 tahun hadir di Indonesia Mitsubishi Pajero Sport juga telah menerima total 40 penghargaan dari media serta publik di Indonesia. (S-4)

BERITA TERKAIT