29 July 2020, 12:20 WIB

Kapolda Jatim dan DPRD Jatim Bahas Penanganan Covid dan Pilkada


Heri Susetyo | Nusantara

Kapolda Jawa Timur Irjen M Fadil Imran menerima kunjungan DPRD Provinsi Jawa Timur membahas penanganan Covid-19 dan pilkada serentak, Rabu (29/7). Kapolda menerima kunjungan wakil rakyat di Selasar Lobby Tribrata lantai 2 Mapolda didampingi sejumlah pejabat utama dan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko.

Dalam pertemuan ini kapolda menyampaikan bahwa dalam menghadapi pandemi Covid-19, Polri sangat membutuhkan dukungan dari DPRD Jatim. Khususnya instrumen dalam hal penegakan hukum bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

Instrumen tersebut dibutuhkan untuk menerapkan sanksi bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan. Sebab kenyataan di lapangan masih banyak warga mengabaikan protokol kesehatan lantaran kurang tegasnya sanksi penegakan hukum.

Baca juga: Tak Mudah, Separuh Wilayah RI Pilkada Serentak pada 2020

"Dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Jatim ini, Polri perlu ada dukungan dari DPRD jatim. Khususnya Instrumen dalam penegakan hukum bagi masyarakat," kata Kapolda.

Sementara itu terkait dengan rencana pilkada serentak 2020, Polda Jatim terus berkoordinasi dengan KPU. Polda Jatim juga terus menyosialisasikan kepada masyarakat agar pilkada berjalan tertib dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Pada tahun 2020 tepatnya bulan Desember mendatang, di Jawa Timur akan berlangsung pilkada serentak, sehingga Polda Jatim terus melakukan koordinasi bersama KPU dan masyarakat agar pilkada di Jatim berjalan tertib dan kondusif," kata lulusan Akpol angkatan 1991 tersebut.

Baca juga: Baru 55% Pemda Cairkan Dana Hibah Pilkada Serentak 2020

Ketua Komisi A DPRD Jatim Mayjen (Purn) Istu Hari Subagio mengapresiasi kinerja polri dalam penanganan covid-19. Bahkan di tengah fokus penanganan Covid-19, polisi juga harus mempersiapkan diri untuk pengamanan pilkada serentak akhir tahun ini.

"Kami mengapresiasi, sejumlah wilayah sudah bisa keluar dari zona merah dan angka kesembuhan juga terus meningkat," kata Istu Hari Subagio. (HS/OL-10)

BERITA TERKAIT