29 July 2020, 14:55 WIB

DPR RI Jajaki Pengembangan Kerja Sama dengan Uzbekistan


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

WAKIL Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Muhaimin Iskandar berharap kerja sama antara Indonesia dengan Uzbekistan semakin menguat dan berkembang pascapandemi covid-19. Berbagai bidang kerja sama potensial untuk dikembangkan, di antaranya dalam bidang pariwisata.

Hal itu diungkapkan Muhaimin ketika menerima kunjungan Duta Besar Uzbekistan, Ulugbek Rozukulov, di gedung DPR Jakarta, Rabu (29/7). Muhaimin mengatakan, selain untuk meningkatkan hubungan kerja sama ekonomi antarkedua negara, tujuan kedatangan Duta Besar Uzbekistan tersebut adalah juga untuk meningkatkan hubungan kerja sama antarparlemen.

“Kami ingin hubungan ini menjadi lebih produktif dan efisien serta inovatif pascapandemi covid-19,” ujar Muhaimin.

Saat ini meski masih pandemi, Muhaimin memandang hubungan baik dan komunikasi harus terus dijalankan. Dengan begitu, kedua negara dapat menyusun rencana berbagai kegiatan kerja sama yang dapat dilakukan pascapandemi.

“Meskipun di masa pandemi, kita mempunyai waktu untuk melakukan perbaikan-perbaikan dan menata pola seluruh hubungan sehingga nanti setelah masa pascapandemi sudah bisa berjalan dengan baik,” ujar Muhaimin.

Muhaimin menyampaikan bahwa kedekatan hubungan antara Indonesia dengan Uzbekistan sudah terjalin sangat lama. Terutama menyangkut hubungan sejarah Islam. Hal tersebut tentu membuat masyarakat muslim di kedua negara ini memiliki hubungan yang karib.

“Banyak peristiwa sejarah yang terjadi di sana baik, di Uzbekistan sendiri maupun kawasan bekas negara Uni Soviet lainnya. Kita mempunyai peluang yang sangat maju untuk saling bekerja sama,” tutup Muhaimin. (P-2)

BERITA TERKAIT