29 July 2020, 11:55 WIB

Wapres Sebut Kurban Tahun Ini tak Sekadar Menyembelih Hewan


Emir Chairullah | Humaniora

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin mengajak umat Islam di Indonesia terus mengembangkan semangat solidaritas kepada sesama warga negara. Melalui Idul Adha di tengah pandemi covid-19 yang menyelimuti bangsa Indonesia, umat Islam harusnya menjadikannya sebagai momentum untuk memperbanyak amal ibadah dengan berbagi kebaikan dan membantu sesama anak bangsa.

“Pandemi mendorong kita melakukan pengorbanan lebih dari sekedar ritual penyembelihan hewan. Saat ini adalah kondisi yang tepat untuk melakukannya, karena banyak saudara sebangsa dan se-Tanah Air sangat membutuhkan uluran tangan kita,” kata Wapres saat memberikan ucapan selamat Idul Adha 1441 Hijriah melalui rekaman video, Rabu (29/7).

Ma’ruf berharap umat Islam bisa mengambil nilai ketauladanan Nabi Ibrahim bahwa untuk mencapai tujuan mulia dibutuhkan suatu pengorbanan.

”Saatnya kita umat Islam mengambil makna keteladanan Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anak yang dicintainya. Di sini terdapat nilai keteladanan bagi kita, bahwa untuk mencapai tujuan mulia dibutuhkan suatu pengorbanan,” pesannya.

Baca juga: DKI Gandeng Dewan Masjid untuk Awasi Salat Idul Adha

Wapres meyakini seluruh amal ibadah dan pengorbanan yang dikeluarkan di momen Idul Adha ini dapat menunjang terciptanya kehidupan yang harmonis, baik antarsesama umat beragama maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Semoga Hari Raya Idul Adha ini dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita serta menumbuhkan rasa kasih sayang dan kepekaan kita terhadap sesama, dalam rangka membangun kembali bangsa Indonesia yang maju, produktif, dan aman dari covid-19,” pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT