29 July 2020, 10:59 WIB

Film Produksi Universal Pictures bisa Tayang Lebih Cepat di Rumah


Adiyanto | Weekend

PERUSAHAAN jariangan bioskop terkemuka di Amerika Serikat AMC dan Universal Pictures mengumumkan kesepakatan kerja sama yang akan memungkinkan pemirsa di rumah menonton film utama mereka, lebih cepat dari biasanya.

Berdasarkan perjanjian yang diumumkan Selasa (28/7) tersebut, film-film baru Universal akan tersedia untuk platform video on demand (video atas permintaan) setelah diputar selama tiga pekan, atau 17 hari, di bioskop.

Sebelumnya, film-film besar/ngetop tidak dirilis untuk ditonton di rumah sebelum tayang rata-rata tiga bulan di bioskop.

"Pengalaman menonton bioskop terus menjadi landasan bisnis kami. Kemitraan yang kami bina dengan AMC didorong oleh keinginan kolektif kami untuk memastikan masa depan yang berkembang untuk ekosistem distribusi film, dan untuk memenuhi permintaan konsumen lebih fleksibil dan opsional," kata Donna Langley, Kepala Universal Filmed Entertainment Group, mengomentari kesepakatan itu, seperti dilansir AFP.

AMC, perusahaan jariangan bioskop terbesar dengan 8.000 layar di seluruh Amerika Utara, akan berbagi dalam pendapatan dari bisnis berdasarkan permintaan.

"AMC dengan antusias merangkul model industri baru ini," kata CEO AMC Adam Aron seraya menambahkan bahwa itu dapat membantu keuntungan studio dan menghasilkan lebih banyak film baru.

"Perjanjian multitahun ini menjaga eksklusivitas untuk menonton bioskop setidaknya selama tiga minggu pertama dari rilis film, di mana selama waktu itu sebagian besar pendapatan film box office bioskop biasanya dihasilkan," tambahnya.

Ketentuan lengkap perjanjian, yang juga berlaku untuk rilis dari Fitur Fokus Universal, tidak diungkapkan.

Kesepakatan itu muncul ketika industri film terpukul karena pandemi covid-19. Sejumlah bioskop di seluruh Amerika Serikat tutup dan para produser menghentikan produksi film mereka. (M-4)

BERITA TERKAIT