29 July 2020, 10:32 WIB

Kasus Covid-19 di Klaten, 10 Pasien Positif Sembuh


Djoko Sardjono | Nusantara

GUGUS Tugas Pencegahan dan Pengendalian (Gusgas PP) Covid-19 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (28/7), mengumumkan ada penambahan 10 pasien positif yang dinyatakan sembuh dan 2 orang terkonfirmasi positif virus Covid-19.

Ketua Gugus Tugas PP Covid-19 Kabupaten Klaten, Sri Mulyani, yang juga sekaligus bupati menyampaikan bahwa hingga saat ini total pasien sembuh berjumlah 71 orang, pasien positif 47 orang yang dirawat di rumah sakit, dan 7 orang meninggal dunia.

Baca juga: Limbah Pasien Covid-19 Capai Puluhan Ton

Diketahui pula 10 pasien positif dinyatakan sembuh dan boleh pulang adalah warga dari Kecamatan Bayat, Tulung, dan Delanggu. Sedangkan 2 pasien baru terkonfirmasi positif terpapar virus korona berasal dari Kecamatan Trucuk dan Ceper.

Pihaknya menjelaskan, pasien positif Covid-19 10 orang yang dinyatakan sembuh di antaranya dirawat di RSUD Moewardi Surakarta, Kasih Ibu Surakarta, RSD Bagas Waras, dan RS Islam Klaten.

"Meski sudah dinyatakan sembuh dan boleh pulang, mereka harus tetap menjalani isolasi mandiri di rumah minimal selama 7 hari. Selain  itu, harus disiplin menaati kebijakan protokol pencegahan Covid-19," ujar Bupati Klaten.

Adapun dua pasien baru positif Covid-19, dijelaskan bahwa mereka dimungkinkan terpapar dari kontak erat pasien positif. Saat ini, pasien dari Trucuk dirawat di RSD Bagas Waras, dan pasien asal Ceper di RSUD Soediran MS Wonogiri.

"Kasus positif Covid -19 di Klaten terus bertambah. Karena itu, kami minta masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan, dengan menggunakan masker, jaga jarak, dan biasakan cuci tangan pakai sabun," pungkasnya. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT