29 July 2020, 08:11 WIB

Biden akan Umumkan Cawapresnya Pekan Depan


Basuki Eka Purnama | Internasional

JOE Biden, kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Selasa (28/7), mengatakan akan memilih cawapresnya untuk pemilu November mendatang melawan petahana Donald Trump, pekan depan.

"Saya akan menentukan pilihan pada pekan pertama Agustus. Saya berjanji akan memberi tahu Anda saat telah membuat pilihan," ujar Biden.

Biden, yang pernah berjanji akan menunjuk seorang perempuan sebagai wakilnya, ditanya mengenai apakah dia bertemu langsung dengan calon wakilnya karena pandemi covid-19.

"Kita lihat saja," jawab mantan Wapres AS berusia 77 tahun itu.

Baca juga: Musisi Tuntut Adanya Izin Penggunaan Lagu Mereka untuk Kampanye

Biden berkelakar bahwa dia harus mengecoh para wartawan yang berada di depan kediamannya di Wilmington untuk bertemu dengan calon wakilnya sebelum membuat pengumuman.

Tokoh yang disebut akan digandeng Biden sebagai cawapres mencakup Senator California Kamala Harris dan Susan Rice, penasehat keamanan di era Barack Obama.

Tiga nama lagi yang disebut dipertimbangkan Biden adalah senator Tammy Duckworth asal Illinois, Elizabeth Warren dari Massachusetts, dan Tammy Baldwin asal Wisconsin.

Dua tokoh lain yang masuk perhitungan adalah anggota DPR AS dari Florida Val Demings dan anggota DPR dari California Karen Bass.

Selain itu ada nama dua gubernur yaitu Gubernur Michigan Gretcgen Whitmer dan Gubernur New Mexico Michelle Lujan Grisham serta Wali Kota Atlanta Keisha Lance Bottoms. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT