29 July 2020, 08:15 WIB

Jin Liqun Terpilih Kembali sebagai Presiden AIIB


M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

BANK Investasi Infrastruktur Asia (Asian Infrastructure Investment Bank/AIIB) kembali menunjuk Jin Liqun sebagai Presiden bank. 

Hasil pemilihan langsung diumumkan oleh Ketua Dewan Gubernur AIIB dalam Pertemuan Tahunan kelima AIIB yang berlangsung pada Selasa (28/7).

Jin Liqun mengatakan selama dirinya menjabat, AIIB telah menetapkan standar yang tinggi dalam hal tata kelola, berinvestasi dalam proyek yang meningkatkan kehidupan dan mata pencaharian.

Hal itu dilakukan untuk membangun AIIB di pasar modal global. Banyak hal yang telah AIIB capai berkat upaya para staf dan dewan AIIB, serta dukungan dari para anggota dan komunitas pembangunan.

"Sungguh luar biasa dan saya merasa istimewa dipercaya memimpin Asian Infrastructure Investment Bank selama tahun-tahun di masa awal operasinya," kata Jin saat konferensi pers secara daring, Selasa (28/7).

Saat Jin menjabat pada periode pertama AIIB telah berkembang dari 57 anggota hingga kini mencapai lebih dari 100 anggota dari seluruh dunia. Selain itu, AIIB juga telah mempertahankan peringkat kredit tertinggi dengan prospek stabil dari lembaga pemeringkat kredit.

AIIB mendapatkan status sebagai pengamat tetap Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai pengakuan atas relevansi dan kontribusi AIIB untuk pengembangan mandat PBB.

"Ke depannya, kami akan memperluas investasi kami untuk mendukung pembangunan infrastruktur inti hingga infrastruktur untuk masa depan. Infrastruktur masa depan akan mengatasi perubahan iklim, meningkatkan konektivitas di Asia dan dunia, memobilisasi modal swasta dan menjembatani kesenjangan digital di wilayah kita," jelasnya.

"Saya berharap dapat terus melayani para anggota AIIB dan selanjutnya berkontribusi pada upaya multilateral untuk turut membangun Asia yang lebih berkelanjutan dan lebih sejahtera," sambungnya.

Pemilihan presiden dilakukan secara aklamasi, pada Pertemuan Tahunan Dewan Gubernur AIIB kelima. Aturan pemilihan sendiri telah disusun pada Desember 2019. (E-1)

BERITA TERKAIT