29 July 2020, 05:40 WIB

Persaingan Immobile dan Ronaldo


Akmal Fauzi | Sepak Bola

SCUDETTO sudah menjadi milik Juventus musim ini, dan kini persaingan bergeser ke predikat Capo­cannoniere alias pencetak gol terbanyak antara Ciro Immobile dan Cristiano Ronaldo.

Lazio mengusung misi menjauhkan Immobile dari kejaran Ronaldo ketika anak asuh Simone Inzaghi itu bentrok dengan Brescia, dini hari nanti. Immobile menjadi bintang kemenangan telak Lazio atas Verona 5-1 pada pertandingan pekan ke-36, Senin (27/7) dini hari WIB. Immobile sukses membukukan hattrick alias tiga gol sekaligus.

Tambahan tiga gol pada laga pekan ke-36 membuat Immobile memimpin daftar top scorer Liga Seri A Italia dengan koleksi 34 gol, meng­ungguli Cristiano Ro­naldo yang berada di peringkat kedua dengan 31 gol.

Laga kontra Brescia menjadi kesempatan Immobile untuk menambah koleksi golnya sebelum Lazio menjalani pertandingan terakhir musim ini di kandang Napoli, Sabtu (1/8).

Joaquin Correa dan Immobile diperkirakan memimpin barisan depan Lazio. Duet keduanya dipastikan akan menjadi senjata pasukan Simone Inzaghi meraih kemenangan dan berambisi merebut posisi kedua.

Inzaghi menilai timnya layak finis di atas posisi keempat. “Kami melihat Lazio yang sebelumnya karena kami memiliki banyak opsi di bangku cadangan dan bisa merotasi skuad, hal yang tak bisa kami lakukan sebelumnya,” kata Inzaghi dilansir Skysport Italia.

“Kami tak ingin hanya fnis di posisi keempat. Tim ini layak mendapatkan lebih atas apa yang diraih musim ini,” lanjutnya.

Selain mengantar Immobile untuk merebut predikat tombak tertajam musim ini, Lazio juga berharap bisa menyodok ke posisi kedua klasemen sementara. Posisi yang berhak untuk langsung ke babak utama Liga Champions musim depan itu--mendampingi Juventus--menjadi rebutan Lazio, Inter Milan, dan Atalanta. Saat ini Inter yang terdepan dengan koleksi 76 poin, tapi hanya selisih satu angka dari Lazio dan Atalanta dengan dua laga tersisa musim ini.

Kehilangan Dybala

Sementara itu, daya dukung Ronaldo sebagai pencetak gol saat Juventus melawat ke Cagliari bakal berkurang dengan absennya Paulo Dybala. Sang kapten Bianconeri itu mungkin diistirahatkan Maurizio Sarri karena cedera otot. Itu membuat daya gedor Juve di laga tandang tersebut bakal berkurang.

Mengejar tiga gol bukan hal yang mudah bagi Ronaldo untuk bisa menjadi yang tertajam di Seri A musim ini. Namun, kapten timnas Portugal itu secara mental memiliki modal untuk bisa terus mengejar ambisi menjadi yang terbanyak mencetak gol musim ini.

Di laga lain, AC Milan dan AS Roma berusaha mengamankan posisi di enam besar atau tiket ke Liga Europa musim depan. AC Milan melawat ke markas Sampdoria, sedangkan ‘Srigala Ibu Kota’--julukan AS Roma--bertandang ke markas Torino.

AS Roma dengan koleksi 64 poin bakal lebih aman karena berjarak 5 poin atas Napoli yang dini hari tadi berjibaku melawan Inter Milan. Adapun AC Milan kini hanya berjarak satu angka dari Napoli sehingga tiga angka penuh wajib teraih agar harapan tampil di kompetisi Eropa terus terjaga hingga laga terakhir, akhir pekan ini. (Football­italia/AFP/R-2)

 

BERITA TERKAIT