28 July 2020, 19:18 WIB

Satgas Ingatkan Pemakaman Pasien Covid-19 Harus Sesuai Protokol


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

DALAM beberapa hari terakhir, masyarakat dihebohkan foto dan video terkait pemakaman pasien covid-19. Mulai dari pihak keluarga yang protes keras, hingga insiden perebutan jenazah pasien.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, kembali mengingatkan bahwa proses pemakaman jenazah pasien covid-19 harus sesuai protokol kesehatan.

"Apakah ada standar cara pemakaman yang disosialisasikan satgas ke daerah-daerah? Apa yang dilakukan agar persoalan seperti ini tidak terulang lagi? Perlu kami sampaikan bahwa ada protokol standar pemakaman," jelas Wiku dalam keterangan pers virtual, Selasa (28/7).

Baca juga: Angka Kesembuhan Covid-19 di Indonesia Capai 57,36%

Dia pun meminta petugas pemakaman pasien covid-19 tetap mengikuti protokol kesehatan. "Kami mohon para petugas kesehatan dan masyarakat yang bertugas dalam pemakaman jenazah, agar mengikuti protokol kesehatan. Betul-betul mematuhi itu sebelum melakukan tugasnya," imbuhnya.

Wiku menyebut protokol pemakaman jenazah pasien covid-19 bisa dilihat dan dipelajari melalui www.covid19.go.id. Sehingga, petugas yang memakamkan pasien bisa terhindar dari risiko penularan virus.

"Harapannya adalah semua permasalahan terkait dengan video atau pun stigma yang tidak sesuai dengan apa yang ditentukan, yang dapat menimbulkan bahaya untuk masyarakat, agar tidak terjadi," pungkas Wiku.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT