28 July 2020, 17:50 WIB

Kyrie Irving Janjikan Dana Bantuan Rp21 Miliar untuk Pemain WNBA


Deden Muhamad Rojani | Olahraga

Penjaga Brooklyn Nets Kyrie Irving telah berjanji US$1,5 juta (Rp21 Milyar) untuk mendukung para pemain Asosiasi Bola Basket Nasional Wanita (WNBA) yang telah memutuskan untuk memilih keluar dari musim 2020.

Dilansir dari BBC, sejumlah pemain WNBA memilih untuk tidak bermain di kompetisi karena pandemi virus covid-19 atau reformasi keadilan sosial.

Pemain akan kehilangan upah mereka jika mereka memutuskan untuk tidak bermain.

"Inisiatif ini mudah-mudahan dapat mendukung prioritas dan keputusan mereka," kata Irving.

Baca juga: Jersey Pertama Michael Jordan Ditaksir Laku Rp5,8 M

Irving pemain berusia 28 itu mengatakan ia telah mendirikan dana Inisiatif Pemberdayaan KAI setelah pembicaraan dengan para pemain WNBA Natasha Cloud dan Jewell Loyd.

Bintang Washington Mystics Cloud adalah salah satu pemain pertama yang memilih keluar musim karena alasan keadilan sosial setelah kematian Breonna Taylor, seorang wanita kulit hitam yang dibunuh oleh polisi pada bulan Maret lalu.

Para pemain WNBA telah mendedikasikan musim yang akan datang untuk Taylor dan mengheningkan cipta selama 26 detik sebelum laga pembuka musim antara New York Liberty dan Seattle Storm pada hari Sabtu.

"Saya telah terhubung dengan beberapa pemain WNBA yang telah memutuskan untuk bermain dan mereka yang telah memutuskan untuk tidak bermain," tambah Irving.

Dalam percakapan tersebut, Irving mengaku telah belajar tentang tantangan dan peluang keputusan mereka. "Dan bagaimana hal itu akan berdampak pada kehidupan mereka, keluarga dan kesejahteraan secara keseluruhan,” lanjutnya.

Platform ini, kata Irving, diciptakan untuk memberikan dukungan bagi semua pemain WNBA. "Dengan harapan dapat meringankan tekanan finansial yang ditimbulkan selama masa-masa sulit ini,” pungkas Irving. (BBC/OL-14)

BERITA TERKAIT