28 July 2020, 17:30 WIB

Pendatang di Cilacap Dites PCR di Perbatasan


Lilik Darmawan | Nusantara

Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menyiapkan 1.500 alat tes PCR untuk melakukan pengetesan kepada masyarakat Salah satunya adalah tes PCR di wilayah perbatasan bagi penduduk luar kota yang akan masuk ke Cilacap.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilacap Pramesti Griana Dewi mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan 1.500 alat tes PCR yang merupakan pengetesan tahap ketiga.

Baca juga: Warga Tak Puas Penanganan Covid Pemkab Jember

"Salah satu yang diantisipasi adalah para pendatang yang kemungkinan masuk ke Cilacap menjelang Idul Adha. Mereka yang akan masuk Cilacap akan dites PCR," jelas Pramesti pada Selasa (28/7).

Dikatakan oleh Pramesti, selain pendatang, tes PCR juga akan dilakukan untuk mereka yang menderita penyakit komorbid. "Saat sekarang tes PCR dapat dianalisis di laboratorium Cilacap. Biasanya hasilnya bisa tiga hari. Tetapi karena agak penuh, maka sekarang bisa satu minggu baru keluar hasilnya," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Cilacap Tulus Wibowo mengatakan bahwa razia di pos perbatasan sudah mulai dilakukan. "Razia dilaksanakan di lima titik yakni Nusawungu, Sampang, Mergo, Rawaapu dan Menganti," ujarnya. (H-3)

BERITA TERKAIT