28 July 2020, 16:20 WIB

Pandemi Covid-19 Sebabkan 3,7 Juta Orang Menganggur


Andhika Prasetyo | Ekonomi

BADAN Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) mencatat jumlah pengangguran yang muncul akibat pandemi covid-19 mencapai 3,7 juta orang.

Dengan tambahan tersebut, jumlah total pengangguran di Tanah Air berkisar 7 juta orang. "Angka kenaikan pengangguran hari ini cukup lumayan, sekitar 50% atau 3,7 juta dalam hitungan Bappenas," ujar Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, seusai rapat terbatas, Selasa (28/7).

Baca juga: Menaker Minta Pengusaha Jadikan PHK Opsi Terakhir

Untuk mengatasi persoalan di sektor ketenagakerjaan, pemerintah memperlebar proyeksi defisit anggaran dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021. Dari awalnya 4,13% menjadi 5,2% terhadap PDB.

Dengan dilebarkannya proyeksi defisit anggaran, pemerintah akan memiliki cadangan belanja sebesar Rp 179 triliun. Nantinya, anggaran itu dialokasikan untuk pemulihan ekonomi domestik.

“Salah satunya, memaksimalkan sektor pariwisata dan industri agar bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja. Dalam pengarahan, Bapak Presiden membahas soal pangan. Intinya semua yang memberi implikasi kuat terhadap penciptaan lapangan kerja," jelas Suharso.

Baca juga: Di-PHK atau Dirumahkan, Silakan Ikut Program Kartu Prakerja

Pemulihan sektor pendidikan dan kesehatan juga menjadi prioritas pemerintah dalam RAPBN 2021. Presiden Joko Widodo, lanjut dia, meminta solusi terhadap persoalan belajar jarang jauh yang selama ini menuai polemik.

"Langkah konkret belanja menyasar perbaikan infrastruktur telekomunikasi untuk mendukung pembelajaran jarak jauh," tandasnya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT