28 July 2020, 16:10 WIB

Lima Provinsi Sumbang Kasus Positif Tertinggi


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menjelaskan setidaknya ada 5 provinsi penyumbang kasus konfirmasi positif Covid-19 tertinggi di Indonesia. Secara akumulatif mingguan, Jawa Tengah dan Ibu Kota DKI Jakarta masih berada didaftar kasus positif Covid-19 tertinggi.

"Kami ingin menyampaikan tentang update penanganan covid 19 di Indonesia pertama kami ingin menjelaskan tentang perkembangan kasus positif covid 19, dengan gambaran mingguan di sini terlihat bahwa ada 5 provinsi dengan jumlah kasus tertinggi," kata Prof Wiku dalam konferensi vrtual Selasa (28/7).

Baca juga: 79 Kabupaten/Kota Langgar SKB 4 Menteri Kegiatan Belajar Mengajar

Prof Wiku merincikan kelima provinsi itu, masing-masing Jawa Timur dengan kontribusi 20.539 kasu, kedua adalah DKI Jakarta dengan kontribusi 19.125 kasus, yang ketiga adalah Sulawesi Selatan dengan jumlah 8.881, selanjutnya Jawa Tengah dengan jumlah kasus 8.412 kasus dan kelima adalah Jawa Barat sejumlah 6.039 kasus.

"Lima daerah tersebut berkontribusi cukup besar kepada jumlah kasus positif yang ada di Indonesia," sebutnya.

Prof Wiku menambahkan kasus baru per minggu terakhir yaitu sejumlah 12.364 kasus. Oleh karena itu, kondisi ini perlu menjadi perhatian semuanya pihak terutama daerah penyumbang kasus positif terbanyak mingguan agar pemerintah daerah bersama dengan masyarakat setempat dapat menekan laju kasus positif tersebut.

"Kini penerapan protokol kesehatan dengan ketat, gambar ini bisa dilihat setiap saat, setiap minggu dan harapannya dari waktu ke waktu harusnya menjadi lebih baik," pungkasnya. (H-3)

BERITA TERKAIT