28 July 2020, 09:22 WIB

CONCACAF Ubah Sistem Kualifikasi Piala Dunia


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PUTARAN final turnamen kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF akan diperluas dari enam menjadi delapan tim. Hal itu diungkapkan CONCACAF, Senin (27/7).

CONCACAF, dalam sebuah pernyataan resmi, mengatakan lima tim--Meksiko, Amerika Serikat (AS), Kosta Rika, Jamaika, dan Honduras--akan secara otomatis tampil dalam putaran final yang terdiri dari delapan tim yang memperebutkan 3,5 jatah tampil di Piala Dunia 2022.

Kelima tim itu akan didampingi oleh tiga tim yang lolos dari dua babak pendahuluan yang akan melibatkan 30 negara anggota CONCACAF sisanya.

Babak pendahuluan itu akan dimulai pada Oktober dengan ke-30 negara itu dibagi menjadi enam grup.

Baca juga: UEFA Kecam Final Piala Yunani Digelar 30 Agustus

Pemenang dari masing-masing grup akan saling berhadapan di putaran kedua yang memainkan dua leg dengan masing-masing pemenang lolos ke putaran final.

Putaran final kualifikasi Piala Dunia 2022 akan dimulai pada Juni 2021 sebelum mencapai puncaknya pada Maret 2022, delapan bulan sebelum Piala Dunia di Qatar.

Di putaran final, enam tim akan saling berhadapan secara kandang dan tandang dengan tiga tim teratas lolos ke Piala Dunia. Tim peringkat empat akan memainkan laga playoff melawan tim dari wilayah yang berbeda.

Perubahan sistem kualifikasi zona CONCACAF itu terpaksa dilakukan karena pandemi covid-19 menyebabkan sejumlah agenda internasional FIFA dibatalkan sehingga rencana kualifikasi CONCACAF yang sebelumnya tidak bisa dilakukan.

Presiden CONCACAF Victor Montagliani mengatakan format baru ini menawarkan kesempatan lebih besar bagi tim untuk lolos ke Piala Dunia.

"Semua tim kini memiliki kesempatan meraih tiket langsung ke Qatar dan bermain di Piala Dunia," tegas Montagliani. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT