28 July 2020, 00:37 WIB

Garda Pemuda NasDem Luncurkan Program Gerakan Tanam Pohon di Poso


M Taufan SP Bustan | Nusantara

DEWAN Pimpinan Wilayah (DPW) Garda Pemuda Partai NasDem Sulawesi Tengah meluncurkan gerakan Poso menaman dengan membagikan 17 ribu bibit pelbagai jenis pohon di lima desa Kecamahan Lage, Kabupaten Poso.

Ketua DPW Garda Pemuda NasDem Sulteng Farid Podungge mengatakan, secara keseluruhan 17 ribu bibit pohon yang dibagikan terdiri dari bibit nato 1.000 pohon, mahoni 1.000, tanjung 500, glodokan 1.000, cempaka 1.000, ketapang kencana 500, dan pohon eboni 500. Sedangkan tanaman buah-buahan terdiri dari alpukat 50 pohon, durian 1.000, kemiri 1000, cengkeh 1000, mangga 450, dan nangka 1.000.

"Jadi ada dua jenis tanaman pohon yang kami bagikan di Poso. Semoga semua tanaman itu bermanfaat untuk menjaga lingkungan dan bisa meningkatkan ekonomi petani," harap Farid, Selasa (27/7).

Menurutnya, program ini adalah bagian dari Gerakan Poso Menanam yang diprakarsai oleh keluarga besar Partai NasDem di Kabupaten Poso dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani dan menjaga kelestarian alam. Farid berharap, bibit ini betul-betul dimanfaatkan masyarakat sebagai tanaman jangka panjang yang bernilai ekonomis.

"Sehingga di masa depan, masyarakat bisa menikmati hasilnya dengan tetap menjaga kelestarian alam," imbuhnya.

Bupati Poso Darmin A Sigilipu menilai, Gerakan Poso Menanam adalah kegiatan positif guna menjaga kelestarian alam dan tentu saja memiliki nilai tambah untuk petani.

"Tentu kami memberi apresiasi karena kondisi alam sekarang ini tidak menentu. Di mana-mana terjadi banjir dan longsor sehingga Gerakan Poso Menanam bernilai positif bagi menjaga kelestarian lingkungan," tandasnya. (R-1)

BERITA TERKAIT