27 July 2020, 23:56 WIB

Pasar Sokaraja Banyumas Disemprot Disinfektan


Lilik Darmawan | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) mulai melakukan sterilisasi Pasar Sokaraja, Senin (27/7). Sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan dilakukan setelah sebelumnya pasar ditutup  karena ada lima pedagang yang positif Covid-19.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas Puji Astuti mengatakan bahwa ada 37 personel yang diterjunkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan. "Personel tersebut berasal dari BPBD, pemadam kebakaran (Damkar) dan Sabhara Polresta Banyumas. Tim diterjunkan untuk melaksanakan sterilisasi," jelas Puji.

Dijelaskan Puji, sterilisasi dilaksanakan di bagian luar dan  dalam pasar. Sehingga diharapkan pada saat pembukaan pasar, pasar sudah benar-benar steril dan para pedagang bisa aman dan nyaman berjualan.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Sadiyanto mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan tes PCR kepada masyarakat luas untuk memetakan penyebaran Covid-19 di Banyumas. "Kami masih akan terus melakukan tes PCR. Sampai sekarang, masih ada 538 sampel yang belum keluar hasilnya," ujarnya.

Hingga Senin (27/7), jumlah positif Covid-19 di Banyumas mencapai 161 kasus, 124 di antaranya sembuh, lima meninggal dunia dan 32 lainnya masih dirawat. (R-1)

BERITA TERKAIT