27 July 2020, 08:56 WIB

Punya Tanaman Kesayangan? Siap-siap Ajak ke Konser


Fathurrozak | Weekend

Konser Plantasia dihelat pada Sabtu, (25/7) di Bandung oleh duo musisi elektronik Bottlesmoker. Konser yang khusus ditujukan bagi tanaman itu berhasil mendatangkan lebih dari 100 tanaman dari 30 pemilik tanaman. Para pemilik yang menitipkan tanaman dalam konser gratis itu pun berhak mendapat materi 90 menit musik yang dibuat duo Anggung ‘Angkuy’ Suherman dan Ryan ‘Nobie’ Adzani.

Kini, keduanya juga sudah mendapat tawaran untuk tur Konser Plantasia di beberapa wilayah di Indonesia. “Yang paling banyak tawaran datang dari Jakarta. Ada beberapa proyek yang kemungkinan berjalan, merespons Kebun Raya Bogor. Ada juga dari Makassar, Bali, dan Yogyakarta,” ungkap Angkuy saat dihubungi Media Indonesia lewat sambungan telepon, Minggu, (26/7).

Namun, meski sudah ada beberapa tawaran yang masuk, Angkuy menyebutkan paling memungkinkan tur baru berjalan pada September. Mengingat beberapa catatan evaluasi dari proyek pilot mereka kemarin, seperti proses antar-jemput tanaman, penyimpanan, dan jumlah peserta konser.

Selain rencana tur, mereka juga masih mempertimbangkan rencana perilisan 12 trek yang diputar selama Konser Plantasia. “Belum putuskan cara memilihnya (rilis). Kemarin dari repertoar konser ini, ketika pertimbangannya dirilis semua langsung sebagai album, nanti kita akan memutarkan lagu itu juga. Jadi sayang kalau enggak surprised, enggak eksklusif. Pertimbangan dari tim mungkin bisa jadi dirilis per trek atau per lagu. Bentuknya masih dipertimbangkan,” lanjut Angkuy.

Ia menambahkan, "Ada tawaran juga dari teman-teman jasa desain interior tapi berbasis tanaman. Selama ini mencari orang yang bisa memberikan musik yang cocok untuk tanaman yang mereka desain di suatu ruangan.”

BACA JUGA: Siklus 24 jam dalam Repertoar Plantasia

Tawaran lain juga datang dari Jepang. Keduanya kini tengah menjalin komunikasi untuk berkolaborasi dengan salah satu galeri seni di Tokyo, setelah Konser Plantasia.

“Mereka punya ketertarikan, nantinya kita akan bikin pameran bersama. Semacam kolaborasi, tetapi bentuknya memang belum diobrolin lebih jauh. Di sana kan juga sedang ramai semacam eksplorasi seni dengan mediumnya tanaman.

Adapun di salah satu unggahan Bottlesmoker, ada foto yang menunjukkan orang-orang di kereta sembari membawa tanaman mereka masing-masing. Saat dikonfirmasi ke Angkuy, foto tersebut fenomena riil dan bukan hasil olah digital. Di Jepang, menurutnya tengah terbentuk gaya hidup tanaman diperlakukan serupa peliharaan, yang bisa dibawa bepergian, seperti ke kantor atau naik kereta. (M-2) 

BERITA TERKAIT