26 July 2020, 21:03 WIB

Ledakan Bom di Suriah Tewaskan 8 Orang


Faustinus Nua | Internasional

SEBUAH ledakan bom di kota perbatasan Suriah yang dikuasai Turki dan proksi Suriahnya menewaskan sedikitnya 8 orang, pada Minggu (26/7). 

Berdasarkan laporan pemantau yang bermarkas di Inggris, dari 8 korban tewas, 6 diantaranya warga sipil dan 19 korban luka-luka.

Dikutip France24, ledakan berasal dari sebuah sepeda motor yang dilengkapi dengan bahan peledak. Lokasi ledakan itu terjadi di sebuah pasar di kota Ras al-Ain yang tengah bergejolak.

Kementerian Pertahanan Turki menuduh Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) yang didukung AS sebagai pihak yang bertanggung jawab. Lantaran mereka masih mengendalikan sebagian besar wilayah timur laut Suriah.

Baca juga: Kasus Pertama Covid-19 Dilaporkan di Barat Laut Suriah

Terlepas dari itu, Ankara telah meluncurkan serangan berulang-ulang terhadap kelompok itu. Turki menganggap YPG sebagai bagian dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang melancarkan pemberontakan mematikan di Turki tenggara sejak 1984.

"Organisasi teror PKK / YPG sekali lagi menargetkan warga sipil tak berdosa," kata kementerian itu di Twitter.

Selama serangan terbaru terhadap YPG tahun lalu, Ankara membentuk zona aman yang membentang sepanjang 120 kilometer (70 mil) di perbatasan, termasuk kota Ras al-Ain.

Daerah ini sering menjadi sasaran pemboman dan serangan lainnya. Pekan lalu, sebuah bom mobil menewaskan 4 orang dan melukai 10 lainnya. (France24/A-2)

BERITA TERKAIT