26 July 2020, 14:23 WIB

Anies Klaim Kepadatan Warga di Sudirman-Thamrin Sudah Terurai


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim kepadatan warga yang berolahraga di Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin telah terurai semenjak Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) ditiadakan dari kawasan itu.

Kepadatan terurai karena Dinas Perhubungan DKI Jakarta menunjuk 30 titik lokasi untuk menjadi kawasan khusus pesepeda (KKP) menggantikan HBKB di Sudirman-Thamrin.

Baca juga: HBKB Ditiadakan, Warga Masih Datangi Sudirman-Thamrin

Sementara, di Sudirman-Thamrin, Dishub DKI hanya menyediakan dua lajur khusus bagi pesepeda tiap akhir pekan.

"CFD tetap diselenggarakan di Jakarta, ada 30 lokasi disebar tidak hanya di jalan Sudirman dan Thamrin. Lalu, kita menyaksikan bahwa volume jumlah masyarakat di jalan Sudirman-Thamrin menjadi kecil. Meskipun tetap banyak orang tapi jauh lebih sedikit dibandingkan sebelumnya," kata Anies di Bundaran HI, Minggu (26/7).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menjelaskan bahwa kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan juga baik di area Sudirman-Thamrin maupun di 30 lokasi KKP.

"Kalau kita lihat di sini alhamdulillah, kita bisa lihat sendiri secara umum masyarakat menggunakan masker. Nah, kalau ini bisa dijaga, maka berolahraga itu baik-baik saja apalagi di udara terbuka. Tapi yang penting protokol kesehatan terutama masker diikuti," pungkasnya.

Penyelenggaraan KKP dimulai sejak 28 Juni lalu. KKP disediakan untuk menggantikan HBKB di Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin. Sebab, pada 21 Juni lalu Pemprov DKI melaksanakan uji coba penyelenggaraan HBKB pertama sejak ditiadakan semasa pandemi Covid-19 merebak pada Maret lalu. Namun, dalam penyelenggaraan itu pengunjung justru membludak. (OL-6)

BERITA TERKAIT