22 July 2020, 19:26 WIB

Kepemimpinan Komjen Firli Bikin Kepercayaan Publik Turun ke KPK


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

INDONESIA Corruption Watch (ICW) menyoroti turunnya kepercayaan publik terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

ICW menilai menurunnya kepercayaan lantaran dua faktor yakni kepemimpinan KPK periode saat ini dan undang-undang baru hasil revisi.

"Kemerosotan citra KPK di tengah masyarakat tidak bisa dilepaskan dari dua faktor yakni kepemimpinan Komjen Firli Bahuri dan dampak revisi UU KPK," kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana, Rabu (22/7).

Menurut ICW, turunnya citra KPK di mata publik sudah terjadi sejak beberapa waktu terakhir. ICW mencatat sejumlah hasil survei beberapa lembaga pun sudah menyatakan adanya tren penurunan.

Kurnia mengatakan dari segi kepemimpinan, komisi antirasuah di bawah kepemimpinan Firli Bahuri saat ini dinilai lebih banyak menuai kontroversi. Adapun UU KPK hasil revisi dinilai ICW mengendurkan kinerja komisi antirasywah.

"Sederhananya, KPK era yang bersangkutan lebih banyak menghadirkan kontroversi daripada prestasi," ujarnya.

Seperti diberitakan, hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia yang dirilis baru-baru ini menyebutkan tingkat kepercayaan KPK terus menurun.

Per Juli 2020, kepercayaan terhadap KPK sebesar 74,7%. Angka itu turun dari posisi Februari 2020 sebesar 81,3%. Kepercayaan terhadap lembaga antirasuah itu kink berada di bawah institusi TNI, Presiden, dan Polri. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT