20 July 2020, 15:56 WIB

Pakar: Pendapat Anji Soal Masker Bisa Sesatkan Publik


Insi Nantika Jelita | Humaniora

MUSISI Anji tengah menjadi sorotan warganet. Tepatnya, saat dia menyatakan siap berkunjung ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet tanpa menggunakan masker.

Tidak hanya itu, dia juga berpendapat pandemi covid-19 tidak semengerikan yang diberitakan selama ini. Pakar epidemiologi dari Universitas Indonesia, Pandu Riono, angkat bicara soal pernyataan Anji.

Dia menilai pernyataan mantan vokalis Drive itu bisa membahayakan opini publik. "Bisa menyesatkan, publik bisa semakin tidak peduli," ujar Pandu, Senin (20/7).

Baca juga: Amankah Penggunaan Masker Saat Berolahraga?

Lewat akun media sosial, Pandu gencar menyuarakan urgensi penggunaan masker dan displin terhadap protokol kesehatan. Hal itu bisa mencegah penularan covid-19.

Pandu juga menanggapi cuitan Anji dalam akun @duniamanji, bahwa tidak perlu memakai masker saat olahraga. Dalam hal ini, melepas masker saat olahraga berat memang dibolehkan. Namun, warga sebaiknya tetap menggunakan pelindung wajah (face shield).

"Tapi olahraga berat ya (buka masker) di tempat terbuka dan terbatas," pungkas Pandu.

Baca juga: Kemenkes Terbitkan Aturan Persalinan Saat Pandemi Covid-19

Dalam akun media sosial, Anji yang memiliki nama lengkap Erdian Aji Prihartanto, menuliskan pernyataan kontroversial. "Saya salah menempatkan pemakaian kapital dalam kalimat. Harusnya bukan di JANGAN MEMAKAI MASKER, tapi di SAAT KAMU OLAHRAGA. Akhirnya kesan yang timbul jadi jangan memakai masker. Padahal ‘jangan memakai masker ketika berolahraga," bunyi cuitan Anji.

Warganet pun ramai mengomentari cuitan Anji. Akun @ChokyRamadhan menyebut bahwa selama berolahraga sebaiknya tetap memakai masker

"Bacaan yang saya temukan menyarankannya TETAP PAKAI MASKER, tapi turunin intensitas olahraga KALAU memang kesulitan bernafas atau punya penyakit bawaan (jantung atau paru-paru). BUKAN JANGAN PAKAI MASKER SAAT OLAHRAGA," tukasnya.

Baca juga: Ada Pandemi, Sandiaga Uno Modifikasi Cara Bermain Basket

Warganet lainya juga mengkritik Anji. Misalnya akun @tynktunk. "Halo anda siapa menyuruh orang JANGAN MEMAKAI MASKER KETIKA BEROLAHRAGA? Saya panggil dokter yang berkompetensi yaa di bidangnya," cuitnya.

Warganet lain pun meminta Anji fokus mengembangkan karir di bidang musik, daripada berkomentar soal masker atau covid-19.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT