18 July 2020, 00:36 WIB

Pedagang Selesai Jalani Dites Usap, Pasar Wage Kembali Dibuka


Lilik Darmawan | Nusantara

SETELAH selama tiga hari ditutup setelah ada pedagang yang positif korona, Pasar Wage, Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng) mulai kembali dibuka, Jumat (17/7). Pada saat penutupan pasar, para pedagang di pasar tersebut dites usap atau swab test.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Wage Arif Budiman  mengatakan bahwa pada saat pasar ditutup para pedagang secara terjadwal dipanggil untuk menjalani tes usap. "Jadi, selama tiga hari pasar ditutup ada ratusan pedagang yang mengikuti tes usap. Pada Selasa ada 76 orang, kemudian Rabu sebanyak 115 pedagang dan Kamis sebanyak 200 orang," jelas Arif pada Jumat (17/7).

Pada saat pembukaan pasar, pihaknya melakukan pengawasan terhadap para pedagang agar betul-betul mentaati protokol kesehatan yang ada. "Kami melakukan pengawasan dan memastikan bahwa pedagang benar-benar secara disiplin mengikuti protokol kesehatan," tegasnya.

Sebelumnya, Bupati Banyumas Achmad Husein mengancam akan mencabut surat izin berdagang di Pasar Wage, Purwokerto jika diketahui para pedagang ngeyel atau tidak mentaati aturan protokol kesehatan. "Pedagang harus disiplin  untuk mengikuti protokol kesehatan. Kalau masih ada pedagang yang ngeyel, maka akan langsung dibawa petugas. Bahkan, jika masih tetap nekat tidak mentaati, maka sanksi beratnya adalah pencabutan izin berdagang," tegas Bupati. (R-1)

BERITA TERKAIT