17 July 2020, 19:35 WIB

GIIAS Surabaya Batal Gaikindo Fokus di GIIAS BSD City


RO | Otomotif

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengumumkan perubahan rencana penyelenggaraan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 The Series. Gaikindo memutuskan pameran otomotif tahun ini hanya difokuskan pada The 28th GIIAS 2020 di BSD-City.

Akibat pandemi covid-19 penyelenggaraan GIIAS 2020 The Series mengalami penundaan. Sebelum ini Gaikindo memutuskan untuk menggelar pameran dalam dua seri, yaitu GIIAS 2020 The Series Surabaya dan 28th GIIAS 2020 di BSD City. Kondisi pandemi nasional terutama di wilayah Surabaya yang terus meningkat menjadi alasan kuat pembatalan GIIAS Surabaya.

Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua penyelenggara GIIAS Rizwan Alamsjah menegaskan penundaan ini bukan karena ketidaksiapan panitia, akan tetapi lebih didasarkan atas kepedulian terhadap angka penyebaran Covid-19 di Jawa Timur khususnya kota Surabaya.

“Persiapan GIIAS Surabaya 2020 sebenarnya berlangsung sesuai dengan yang direncanakan panitia dan peserta, namun sebagai tindakan pencegahan pandemi covid-19 menjadi semakin luas kami memutuskan untuk lebih fokus mempersiapkan GIIAS 2020, di BSD-CITY. Agar seluruh peserta bisa tampil maksimal dan memberikan yang terbaik” ungkap Rizwan, Kamis (16/7).

Pandemi yang masih terus berlanjut membuat merosotnya perekonomian global. Badai pandemi juga menghantam industri otomotif Indonesia. Gaikindo berupaya mendorong bangkitnya industri otomotif nasional, di antaranya dengan tetap menyelenggarakan GIIAS 2020 yang akan dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Rizwan menambahkan protokol kesehatan tidak hanya diberlakukan kepada pengunjung melainkan kepada seluruh peserta dan seluruh pihak terkait, seperti pihak venue penyelenggaraan pameran, para pekerja stand, penyedia makanan, hingga penyedia transportasi.

“Protokol kesehatan sedang dipersiapkan bersama, kami ingin semua pihak melakukan persiapan dengan detail baik dari pihak penyelenggara maupun para peserta, sehingga pameran dapat berlangsung dengan aman dan nyaman untuk seluruh pengunjung,” tutur Rizwan.

Jika situasi dan kondisi sesuai harapan, penyelenggaraan The 28th GIIAS 2020, BSD-City akan berlangsung pada 22 Oktober – 1 November 2020, di Indonesia Convention Exhibtion (ICE). (S-4)

BERITA TERKAIT