17 July 2020, 07:05 WIB

Ini 4 Fase Sosialisasi Covid-19 yang akan Digencarkan


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

DALAM rapat terbatas percepatan penanganan covid-19 pada Senin (13/7), Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya sosialisasi, penyampaian komunikasi yang efektif kepada masyarakat demi menekan angka penularan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Indonesia merespons keinginan Presiden itu dengan sejumlah strategi. Menurut Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan, pihaknya akan menggencarkan sosialisasi pencegahan covid-19 dalam empat tahapan (fase). Apa saja itu?

1. Mengedukasi keberadaan virus

Sosialisasi pertama yang akan dilakukan bertujuan agar masyarakat sekedar tahu mengenai keberadaan virus di sekitarnya. Upaya tingkatan ini juga menjadi salah satu landasan adanya pembudayaan adaptasi kebiasaan baru di tengah masyarakat.

“Sehingga mereka tau bahwa virus ini tuh masih ada di sekitar kita. Sehingga masyarakat tidak berpikir kembali lagi ke zaman atau era sebelum ada Covid ini,” sebut Lilik.

2. Memiliki rencana dan proteksi diri

Tingkatan sosialisasi kedua dilakukan dengan pemberian pemahaman kepada masyarakat agar seluruh masyarakat mengerti mengenai apa-apa saja yang harus dilakukan ketika hidup berdampingan dengan Covid-19.

Juga, agar masyarakat memiliki bayangan untuk bertindak lebih lanjut dan memilki rencana dan proteksi diri dari penularan virus yang matang.

“Masyarakat harus mengerti, kalau mereka kena virus, mereka harus kemana, bagaimana, dan penularannya seperti apa. Nah tahap ini ditujukan agar masyarakat punya rencana untuk itu,” jelas Lilik.

3. Menyadarkan masyarakat

Tahapan sosialisasi yang tidak kalah penting atau tingkatan ketiga adalah awareness atau kesadaran. Kesadaran masyarakat untuk memiliki rencana ke depan sangat diperlukan sehingga dapat terus disiplin dalam kehidupan adaptasi kebiasaan baru.

“Masyarakat harus tahu kalau mereka sudah tahu mengenai virus ini, lalu paham. Selanjutnya adalah masyarakat harus tahu mereka harus melakukan apa. Contohnya, seperti masyarakat tahu harus punya masker berapa,” sambung Lilik.

4. Pentingnya aksi

Tingkatan terakhir dari sosialisasi pencegahan covid-19 yang paling penting adalah tindakan. Menurutnya, implementasi yang dilakukan di setiap daerah adalah kunci dari keberhasilan upaya yang telah dilakukan oleh Gugus Tugas Nasional. (H-2)

BERITA TERKAIT