16 July 2020, 21:48 WIB

Equestrian Champions League Dilanjutkan dengan Protokol Kesehatan


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

SERI ketiga dan keempat Liga Berkuda Equestrian pertama di Indonesia, Equestrian Champions League (ECL) kembali dilanjutkan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan digelar tanpa penonton.

ECL telah melaksanakan dua seri pada tahun ini sebelum pandemi covid-19. ECL seri ketiga dan keempat digelar pada Juli 2020 di dua venue berbeda. Seri ketiga digelar di Adria Pratama Mulya (APM) Equestrian Centre, Tigaraksa, Tangerang dan seri keempat di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), Jakarta.

Rangkaian pertandingan akan dimulai sejak hari ini, 15-29 Juli 2020.

Co Founder ECL, Nadia Marciano menjelaskan, pihaknya telah memperhatikan aturan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Federation Equestre Internationale (FEI), Asian Equestrian Federation (AEF) dan Pemda setempat. Gugus tugas Pemda juga akan dilibatkan dalam penyelenggaraan.

Pertandingan yang digelar tanpa penonton demi memutus mata rantai penularan covid-19. Demi menghindari kerumunan, jadwal yang biasanya cukup dalam dua hari, sekarang digelar empat hari masing-masing seri dengan alasan mengurangi peserta setiap harinya.

“Kapasitas diperkecil untuk physical distancing,” ungkap Nadia, melalui keterangan resminya, Kamis (16/7).

Pembatasan orang di sekitar lokasi pertandingan dilakukan dengan ketat. “Di lokasi hanya ada kuda, atlet/rider, groom, pelatih, ofisial, dan panitia,” ungkap Sport Information Manager & ECL Coordinator Audrey Jesslyn.

Namun, pihak ECL telah menyediakan siaran langsung di KONI TV untuk mengikuti pertandingan. Kanal siaran tersebut diakses melalui Aldo Maru TV (AMTV), baik melalui browser maupun aplikasi.

Wakil IV Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Chris John memuji penyelenggaraan ECL dapat tetap dilanjutkan dengan protokol yang ketat.

“Kegiatan olahraga ini harus tetap berjalan karena ini penting untuk para atlet kita, untuk tetap bisa mengasah kemampuanya, sekaligus menjaga kesehatan juga di masa pandemi ini,” ujar Chris.

 

Jadwal ECL tersisa pada Juli 2020:

17 Juli, Hari Pertama ECL Seri 4 di JIEPP, Pukul 8:30 – selesai

19 Juli, Hari Kedua ECL Seri 3, APM, Pukul 8:00 – selesai

21 Juli, Hari Kedua ECL Seri 4, JIEPP, Pukul 8:00 – selesai

23 Juli, Hari Ketiga ECL Seri 3, APM, Pukul 8:00 – selesai

25 Juli, Hari Ketiga ECL Seri 4, JIEPP, Pukul 8:00 – selesai

27 Juli, Hari Keempat ECL Seri 3, APM, Pukul 8:00 – selesai

29 Juli, Hari Keempat ECL Seri 4, JIEPP, Pukul 8:00 – selesai. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT