16 July 2020, 20:44 WIB

Anies Akui Penularan Covid-19 di Jakarta Makin Cepat


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan merasa kecewa karena PSBB Transisi tidak membawa penurunan dalam tingkat penularan covid-19.

Dalam video yang diunggah ke akun di kanal YouTube resmi Pemprov DKI Jakarta sore ini, Anies menyebut angka reproduction number (Rt) atau yang bisa disebut angka tingkat penularan di Jakarta di masa awal PSBB Transisi berada di bawah angka 1.

Namun, menjelang masa akhir PSBB Transisi, angkanya justru naik ke 1,15. Ini artinya dari 1 orang positif covid-19 menularkan ke 1,15 orang lainnya.

"Angka ini memang tidak bertambah secara signifikan. Tapi ini juga tidak menurun. Karena kami maunya ini bisa terus berkurang dari angka 1 ke angka yang lebih kecil lagi," kata Anes.

Baca juga : Penularan Covid-19 Masih Tinggi, Wagub: Kedisiplinan Warga Kendur

Kenaikan angka reproduksi infeksi itu juga bisa disimpulkan terjadi pergerakan penularan yang cepat. Ia pun menegaskan hal inilah yang harus diwaspadai berbagai pihak.

Fakta itu menjadi salah satu faktor yang membuat Anies memperpanjang PSBB Transisi Fase 1 selama 14 hari sampai 30 Juli mendatang.

Masyarakat selama PSBB Transisi Fase 1 ini diminta lebih serius dan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.

"Kita harus lebih serius memastikan protokol kesehatan. Prinsipnya bila tidak perlu jangan keluar rumah. Seluruh kegiatan beroperasi setengah kapasitas. Pakai masker kalau harus keluar rumah. Cuci tangan dengan sabun. Menjaga jarak 1 meter. Ini harus dilakukan semua, tidak hanya sebagian-sebagian," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT