16 July 2020, 20:09 WIB

Pakar: Rekaman CCTV Kasus Yodi Prabowo tak Dapat Diandalkan


Tri Subarkah | Megapolitan

KEMATIAN news video Editor Metro TV, Yodi Prabowo, 25, masih belum menemui titik terang. Pihak kepolisian terus menyelidiki kasus terebut sejak jenazah Yodi ditemukan pada Jumat (10/7) siang lalu di pinggir tol JORR Pesanggrahan Jalan Ulujami Raya, Jakarta Selatan.

Baca juga: Covid-19 Belum Reda, Bioskop Batal Dibuka 29 Juli

Pakar psikologi forensik, Reza Indragiri Amriel, menilai kendala yang dihadapi pihak kepolisian dalam mengungkap kasus tersebut adalah jejak sidik jari dan rekaman CCTV.

"Tanpa sidik jari, tanpa rekaman CCTV, apa yang bisa diharapkan? Mengandalkan semata-mata pengakuan, tak mungkin. Rentan error," kata Reza melalui keterangan tertulis yang Mediaindonesia.com terima, Kamis (16/7).

Reza mendorong pihak kepolisian menambah saksi-saksi untuk menambah petunjuk agar kasus tersebut dapat selesai. Sampai sejauh ini, menurut Yusri, sudah ada 29 orang yang diperiksa sebagai saksi. Artinya, polisi telah menambah dua orang lagi sebagai saksi.

Menurut Reza, kematian Yodi bisa jadi diduga sebagai refleksi agresi amarah seseorang. Hal itu disebabkan pelaku mengetahui persisi bagian tubuh yang dapat berakibat mematikan jika dilukai.

Baca juga: Jenazah Pelaku Eksploitasi Seksual Akan Dipulangkan ke Prancis

Namun, Reza enggan menduga apabila dikaitkan dengan orang dekat. Masalahnya, definisi orang dekat sendiri masih dipertanyakan.

"Saudara sedarah tapi tinggal di seberang lautan dan hanya komunikasi sekali setahun, itu orang dekat? Sebaliknya, teman medsos yang belum pernah ketemu langsung tapi chatting setiap hari bisa disebut sebagai orang dekat?" tandas Reza.

Adapun sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya telah memeriksa CCTV yang berada dekat lokasi kejadian. Namun, hasil rekaman CCTV tersebut buram. Selain itu, jenazah Yodi juga ditemukan dalam kondisi yang sudah membusuk karena diduga meninggal tiga hari sebelumnya. Di tubuh Yodi, polisi menemukan luka tusuk di bagian dada dan leher. (OL-6)

BERITA TERKAIT