16 July 2020, 20:06 WIB

Rumah Pusat Observasi Covid-19 Berdiri di Jatim


Faishol Taselan | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Jawa Timur (Jatim) mendirikan Rumah Pusat Observasi Covid-19 untuk menanggani pasien covid yang masih dalam proses menunggu hasil swab.

Rumah Pusat Observasi didirikan mengunakan fasilitas milik Pemprov Jatim, yakni Gedung BPSDM Pemprov Jatim. 

"Mereka yang masuk adalah pasien dalam kategori ringan sambal me nunggi tes swab," kata Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur Aries Agung Paewai saat mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kamis (16/7).

Sejak Mei 2020 hingga Juli 2020 sudah ada sebanyak 645 orang yang dioservasi di sana. Saat kondisi per hari ini ada 37 orang yang sedang menjalani observasi.

"BPSDM disiapkan oleh Ibu Gubernur sebagai Rumah pusat obervasi covid-19 untuk mengantisipasi masyarakat yang tidak memiliki ruang isolasi yang aman di rumah, sehingga masyarakat tetap bisa melakukan isolasi mandiri dengan aman dan nyaman di sini," kata Aries.

Baca juga: Terlalu Dini PSBB Dicabut, Kasus Covid Purwakarta Melonjak

Di BPSDM, pasien bisa menikmati dan memanfaatkan fasilitas yang cukup untuk meningkatkan imunitas. seperti kolam pancing, jogging track, gym dan juga penunjang hiburan lainnya untuk menunjang imunitas mereka agar naik selama berada dalam observasi.

"Sebagai rumah pusat observasi covid-19 yang telah ditunjuk oleh Ibu Gubernur kami siap menerima pasien kapan saja setiap hari 24 jam," katanya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menapresiasi langkah Pemprov Jawa Timur.

Untuk itu, pusat obersevasi semacam ini akan diperbanyak dan diduplikasi di sejumlah daerah di Jatim seperti di Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik yang penambahan kasus covid-19 nya masih cukup tinggi.

"Saya pagi ini sampai siang tadi sama Ketua Gugus Tugas Pusat dan Pangkogabwilhan II, turun ke Jatim untuk melakukan monitoring dan 

supervisi pada pelaksanaan penanganan percepatan penanggulangan covid-19 di Jatim," kata Muhadjir.

Sejumlah tempat yang didatangi di antaranya adalah pusat observasi covid-19 di BPSDM Jawa Timur dan juga dilanjutkan ke RS Darurat Lapangan di Jalan Indrapura Surabaya. (A-2)

BERITA TERKAIT