16 July 2020, 19:39 WIB

Covid-19 Belum Reda, Bioskop Batal Dibuka 29 Juli


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

GABUNGAN Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) memutuskan untuk menarik rencana pembukaan kembali bioskop diseluruh tanah air.

Ketua GPBSI Djonny Syafruddin mengungkapkan, pihaknya telah menerima Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreat if Provinsi DKI Jakarta perihal penundaan pembukaan kembali bioskop.

"GPBSI sebagai asosiasi pengusaha bioskop seluruh Indonesia memahami dan mendukung sepenuhnya keputusan tersebut, dan akan melaksanakan penundaan pembukaan kembali bioskop di seluruh Indonesia," ungkap Djonny dalam keterangan resminya kepada Media Indonesia, Jakarta, Kamis (16/7).

Djonny mengatakan, keputusan itu demi menjaga keselamatan dan kesehatan warga dan petugas bioskop ditengah pandemi covid-19.

Baca juga : Kasus Positif Terus Bertambah, DKI Perpanjang PSBB Transisi

GPBSI, kata Djonny, akan menggunakan kesempatan itu untuk mempersiapkan penerapan protokol kesehatan dan kenormalan baru di seluruh lingkungan bioskop.

"Protokol yang akan kami terapkan telah disesuaikan dengan arahan/instruksi Pemerintah baik Pusat maupun Daerah guna memastikan keamanan dan keselamatan penonton serta petugas saat bioskop diperbolehkan beroperasi kembali," terang Djonny.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia memastikan operasional bioskop tidak jadi dibuka pada 29 Juli mendatang. Menurutnya, kondisi Jakarta belum aman dari penularan covid-19 selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi.

"Iya betul ditunda sampai kondisi Jakarta kondusif. Kondisi covid-19 di Jakarta belum stabil, naik lagi (kasus). Jaddi kita tunda waktunya sampai benar-benar kondusif, kata Cucu saat dikonfirmasi hari ini. (OL-7)

BERITA TERKAIT